Digitalisasi, Indosat Ooredoo Manfaatkan AI dan ML dari Ericsson


Indosat Ooredoo

Logo Indosat Ooredoo

Indosat Ooredoo yang merupakan salah satu perusahaan telekomunikasi terkemuka di Indonesia mengumumkan kelanjutan kemitraan strategisnya dengan Ericsson untuk pemanfaatan teknologinya. Kemitraan ini bertujuan untuk mempercepat digitalisasi operasional jaringan serta menghadirkan pengalaman lebih baik bagi pengguna.

Indosat Ooredoo sendiri telah berhasil menerapkan solusi Ericsson Operations Engine (EOE) yang menggabungkan teknologi kecerdasan buatan atau artificial intelligence (AI) dan pembelajaran mesin atau machine learning (ML) untuk penyesuaian parameter sehingga kinerja jaringan radio 4G berkualitas video dapat dioptimalkan.

Penerapan awal dari solusi EOE dapat membuat Indosat Ooredoo sebagai perusahaan telekomunikasi terdepan dalam memberikan pengalaman koneksi data terbaik terhadap pelanggan. Upaya ini pun merupakan bagian dari digitalisasi jaringan guna meningkatkan ketahanan jaringan, pemantauan otomatis, dan pemulihan jaringan otomatis.

“Di Indosat Ooredoo, kami tetap fokus pada peningkatan jaringan untuk memberikan kepuasan pelanggan yang lebih besar,” kata Medhat Elhusseiny, Chief Technology & Information Officer Indosat Ooredoo dalam keterangan resmi, dikutip Minggu (2/5/2021).

Medhat menjelaskan, tahun 2021 adalah titik perubahan bagi transformasi digital yang dilakukan Indosat Ooredoo untuk menjadi perusahaan yang sepenuhnya beroperasi secara digital. Maka di antara banyaknya inisiatif, perusahaan pun bermitra dengan Ericsson.

Kemitraan ini bertujuan untuk memanfaatkan kemampuan otomatisasi serta analitis yang ditawarkan dari solusi EOE berbasis AI dan ML. Hal ini guna menerapkan pemeliharaan prediktif yang bisa meningkatkan kinerja dan ketahanan jaringan.

“Kami memanfaatkan kecerdasan buatan dan pembelajaran mesin untuk mengelola kompleksitas jaringan yang berkembang, mendorong efisiensi, dan yang terpenting meningkatkan pengalaman pelanggan,” imbuh Medhat.

Country Head Ericsson Indonesia, Jerry Soper kemudian juga menambahkan bahwa Ericsson bangga telah menjadi mitra pilihan Indosat Ooreoo untuk memberikan pengalaman terbaik bagi pelanggan di pasar telekomunikasi dan digital.

“Ericsson menerapkan praktik terbaik global dengan memanfaatkan kerangka solusi Ericsson Operations Engine. Kami sangat berkomitmen untuk mendorong Indosat Ooredoo sukses memimpin pasar di Indonesia,” tutur Jerry.

Solusi EOE pun akan memperkuat komitmen Indosat untuk melaksanakan praktik efisiensi bisnis berkelanjutan yang memanfaatkan penerapan perangkat AI/ML, guna mengoptimalkan konsumsi energi di seluruh jaringannya.

Penerapan perangkat yang berbasis AI kemudian juga akan meningkatkan efisiensi spektrum untuk pemanfaatan aset yang lebih baik, memastikan pelanggan selalu menerima layanan yang berkelas dunia, serta memberikan nilai tambah yang lebih besar bagi pemegang saham Indosat Ooredoo.

Medhat Elhusseiny kemudian juga memaparkan bahwa solusi AI ini tertanam di seluruh operasi Indosat Ooredoo dan dibangun oleh orang-orang serta mitra yang ahli di bidang telekomunikasi dengan pola pikir mengutamakan AI. Hal ini kemudian sejalan dengan upaya perusahaan untuk mendukung transformasi digital di Indonesia.

Kerja sama dengan Ericsson sebagai bagian dari strategi perusahaan untuk transformasi digital kemudian didukung dengan upaya untuk terus memanfaatkan teknologi seperti AI, data analytics, serta machine learning agar dapat menyediakan jaringan masas depan yang siap melayani pelanggan dengan maksimal dan lebih baik.


Bagikan artikel ini