DigitalOcean Kenalkan App Platform, Layanan PaaS Berbasis Cloud


Layanan Cloud Computing

Ilustrasi Layanan Cloud Computing

Perusahaan Cloud bernama DigitalOcean mengenalkan aplikasi terbarunya bernama App Platform, layanan Platform as a Service (PaaS) untuk mengotomatisasi manajemen infrastruktur. App Platform dibuat dengan campur tangan teknologi dari DigitalOcean yang telah terudi dengan karakter kesederhanaan yang khas.

Layanan ini menjadikan developer-developer dapat memberikan hasil coding mereka pada tahap produksi hanya dengan beberapa tampilan klik. Vice President, Product, DigitalOcean, Apurva Joshi menjelaskan layanan PaaS ini memberikan pengalaman terkelola sepenuhnya sehingga memungkinkan para developer tidak perlu memikirkan infrastruktur teknologi secara lebih jauh dan mendorong proses pemasaran aplikasi mereka dengan lebih cepat.

Apurva mengatakan, “dengan adanya jutaan bisnis yang dimulai di cloud setiap tahunnya, para developer membutuhkan cara yang sederhana, cepat, dan dapat diskalakan agar dapat mengirimkan aplikasi yang mendukung ide-ide mereka. Dilansir dari infokomputer.gird.id, App Platform  yang sepenuhnya dijalankan di cloud DigitalOcean ini memudahkan para developer dari segi bisnis untuk menekan biaya dan mengoptimalkan pengelolaan sumber daya saat mereka berkembang.”

Penawaran ini dinilai baru serta dapat memajukan strategi layanan terkelola perusahaan, sebagai penunjang untuk menyederhanakan  komputasi awan, sehingga mulai dari para developer maupun usaha kecil dan menengah (UKM) dapat menghabiskan lebih banyak waktu untuk menghasilkan perangkat lunak yang dapat digunakan banyak hal.

Dengan menggunakan standar terbuka, App Platform menyediakan visibilitas yang lebih tinggi ke infrastruktur kepada pelanggan ketimbang di lingkungan tertutup PaaS yang khas. Hal ini tentunya memberikan pilihan kepada pelanggan bagaimana mereka ingin menskalakan aplikasi mereka, baik dengan mekanisme penskalaan App Platform yang terkelola sepenuhnya dan terintegrasi dengan lebih mempersiapkan kendali yang penuh untuk penyiapan infrastruktur mereka.

Dengan beberapa kelebihan untuk memproses tugas-tugas infrastruktur umum seperti menyediakan dan mengelola server, database, sistem operasi, runtime aplikasi, dan keterkaitan aplikasi lainnya. App Platform ini juga membuat cloud DigitalOcean bisa diakses degan mudah oleh startup dan UKM yang belum banyak memiliki waktu serta keahlian khusus untuk mempelajari teknologi cloud dalam mengelola infrastruktur mereka.