Dinkes DKI Dirikan Posko Layanan Informasi COVID-19 Berbasis AI


Distribusi Alat Medis Covid-19

Ilustrasi Distribusi Alat Medis Covid-19

Dinas Kesehatan DKI Jakarta berkolaborasi dengan berbagai pihak untuk mendirikan Posko Jakarta Tanggap COVID-19 yang bermanfaat sebagai layanan informasi bagi masyarakat mengenai keterpaparan virus ini.

"Dalam menjalankan posko layanan informasi itu, Dinkes DKI Jakarta berkolaborasi dengan Pro Sehat dan Botika dalam memberikan pelayanan," kata Kepala Dinkes DKI Jakarta Widyastuti dalam keterangannya yang dikutip dari Antara, Selasa (4/5).

Kerja sama dengan Pro Sehat yang merupakan salah satu platform digital kesehatan di Indonesia, dan Botika merupakan perusahaan yang bergerak di bidang Artificial Intelligence (AI) anak negeri, hadir dalam bentuk fitur Chatbot WhatsApp.

Fitur Chatbot WhatsApp di Posko Jakarta Tanggap COVID-19 memberikan akses bagi warga Jakarta terhadap informasi COVID-19 dengan menghubungi nomor 081388376955. 

"Layanan Chatbot WhatsApp pastinya lebih memudahkan warga Jakarta untuk mendapatkan informasi lebih lanjut terkait COVID-19. Terlebih, pada era teknologi seperti saat ini. Kami berharap warga bisa memanfaatkannya, sehingga lebih memahami terkait wabah COVID-19," ujar dia.

Pada layanan informasi ini juga terdapt rincian berupa rapid test COVID-19, pemeriksaan tes Swab, informasi RS rujukan, manajemen pasien (faskes), konsultasi chat dokter, dan pertanyaan lainnya melalui posko Dinkes DKI Jakarta.

Selain itu, warga juga bisa mendapatkan layanan penapisan COVID-19, termasuk berkonsultasi dengan Dokter Pro Sehat secara langsung melalui live chat, fitur tersebut memungkinkan para pengguna berkonsultasi langsung dengan dokter tanpa harus keluar rumah.