DoctorTool Bersama FKUI Kembangkan Internet of Medical Things


Layanan Kesehatan Digital

Layanan Kesehatan Digital

Startup teknologi kesehatan DoctorTool bersama dengan peneliti dari Fakultas Kedokteran Universitas Indonesia (FKUI), dr. Trevino Aristarkus Pakasi, FS, MS< PhD, FISPH, FISCM, SpKKLP mengembangkan teknologi internet of medical things (IoMT). Teknologi ini pun dihadirkan untuk meningkatkan pelayanan kesehatan di Indonesia.

IoMT sendiri memungkinkan dokter untuk dapat terhubung dengan pasiennya dari manapun. Teknologi ini kemudian dapat dimanfaatkan untuk daerah yang sulit dijangkau oleh pelayanan medis di daerah pelosok di Indonesia. Teknologi ini juga sesuai dengan penduduk perkotaan yang mengalami keterbatasan akses ke klinik.

“Bentuk digitalisasi alat kesehatan melalui IoMT ini membuka akses pelayanan kesehatan yang berkualitas di desa-desa, dan membantu para dokter memantau pasien secara jarak jauh melalui data kesehatan yang ter-update secara real time. Kami sangat antusias dalam merampungkan proyek IoMT ini,” kata CEO & Co-Founder DoctorTool Rainaldo dalam keterangannya, melansir dari InfoKomputer, Jumat (5/8/2022).

Teknologi dari DoctorTool ini akan diaplikasikan untuk pemantauan penyakit kronis bagi pasien di perkotaan, serta untuk mendeteksi stunting pada bayi dan balita di pedesaan sebagai proyek percontohan pertama.

DoctorTool sendiri menyediakan teknologi IoMT berupa alat-alat untuk pemeriksaan tekanan darah, saturasi oksigen, pita pengukur, alat ukur tinggi, serta timbangan badan yang langsung terhubung dengan sistem rekam medis elektronik pada DoctorTool. Sistem ini akan digunakan untuk mendata dan mengirim rekam medis pasien ke dokter penanggung jawab secara langsung.

“Inovasi IoMT sangatlah penting dalam pemantauan data pasien, pendeteksian dini gejala penyakit, perawatan jarak jauh, hingga penerapan program-program penyakit kronis. Dokter juga dapat melakukan layanan kesehatan melalui telemedicine sambil memantau data kesehatan pasien secara real time,” kata dr. Trevino.

dr.Trevino kemudian melanjutkan, bersama dengan tim DoctorTool pihaknya yakin inovasi IoMT dapat membawa kemajuan yang sangat berarti untuk penyamarataan pelayanan kesehatan bagi seluruh masyarakat Indonesia.

DoctorTool sendiri merupakan aplikasi Sistem Informasi Manajemen (SIM) untuk klinik kesehatan yang telah melayani ratusan klinik di 22 provinsi di Indonesia. DoctorTool pun hadir untuk membantu para pemilik klinik untuk dapat mengoperasikan klinik mereka secara lebih baik dan efektif.

Selain itu, DoctorTool juga memiliki visi untuk dapat menciptakan ekosistem digital yang terpercaya guna meningkatkan taraf kesehatan masyarakat. Pemilik klinik sendiri dapat memanfaatkan fitur dari DoctorTool berupa fitur rekam medis digital, fitur untuk apotek, fitur bridging BPJS P-Care, hingga fitur keuangan klinik.


Bagikan artikel ini