Dorong Kemajuan SDM Cybersecurity, ACSI Jalin Kolaborasi dengan SGU


Cyber Security

Ilustrasi Cyber Security

Acer Cyber Security Inc (ACSI) atau PT Alpha Citra Siber Indonesia jalin kerja sama dengan Swiss German University (SGU) dalam rangka memajukan dan memperbanyak sumber daya manusia (SDM) tenaga ahli di bidang cybersecurity.

ACSI sebagai salah satu perusahaan yang menyediakan layanan konsultasi, perlindungan, serta manajemen keamanan siber di Indonesia ini berkolaborasi dengan SGU dalam rangka program Master of Information Technology (MIT) yang akan menghasilkan para tenaga ahli siber.

“Kolaborasi SGU MIT dengan berbagai stakeholder di bidang keamanan siber juga terus ditingkatkan, termasuk dengan Badan Siber dan Sandi Negara (BSSN), Kementerian Komunikasi dan Informatika (Kominfo) dan berbagai lembaga lainnya,” kata Rektor SGU Filiana Santoso dalam acara penandatanganan nota kesepahaman di kantor ACSI, Rabu (1/12/2021).

Sejak tahun 2009 sendiri, program Master di bidang keamanan siber dengan konsentrasi Data Science Cyber Security telah melahirkan banyak tenaga ahli yang sudah diakui oleh praktisi di bidang industri keamanan siber dan memenuhi kebutuhan yang diperlukan untuk cybersecurity, seperti penetration center, forensik digital, tenaga tanggap insiden siber, hingga ahli analisis cybersecurity.

Maka untuk menjawab tantangan tersebut, Business Development Head ACSI Sianne menyampaikan bahwa pihaknya kemudian menjalin kolaborasi dengan SGU untuk program MIT guna membangun kekurangan tenaga ahli di bidang keamanan siber.

Kerja sama ACSI-SGU sendiri dilakukan melalui pemberian beasiswa 100% oleh ACSI, yang nantinya akan diberikan pada mahasiswa yang lulus seleksi serta menempuh pendidikan S2 di MIT SGU. Program ini pun memberikan pula kesempatan bagi mahasiswa untuk bekerja dan mengabdi pada ACSI selama 4 hari setiap minggunya, dan 1 hari dalam seminggu untuk menjadi asisten riset SGU.

Program Master ini pun diyakini akan membuka banyak peluang lahirnya tenaga ahli cybersecurity yang memiliki daya saing tinggi dalam menjawab tantangan industri yang terus berevolusi seiring dengan perkembangan teknologi di era digitalisasi.

“Kerja sama ACSI-SGU adalah salah satu bentuk nyata dari implementasi Tri Dharma Perguruan Tinggi yang terdiri dari unsur pengajaran, penelitian, dan pengabdian kepada masyarakat. Selain itu, kerja sama ini akan memacu para mahasiswa untuk terus mengembangkan ilmu pengetahuan di bidangnya masing-masing,” kata Filiana.

Sementara menurut Ketua Umum Asosiasi Pengusaha TIK Nasional (APTIKNAS) Soegiharto Santoso, kerja sama antara ACSI dengan SGU ini sangat baik untuk dilakukan di era transformasi digital saat ini, khususnya guna mengisi kekurangan SDM tenaga ahli di bidang cybersecurity.

Soegiharto menuturkan bahwa APTIKNAS sejak awal berdiri telah memandang SDM keamanan siber sebagai sebuah hal yang penting untuk diperhatikan, terutama untuk menjalani era transformasi digital saat ini.

“Di APTIKNAS, kami membentuk APTIKNAS Cyber Security Chapter yang berisikan anggota yang bergerak di bidang IT Security sehingga saat ini sudah ada tiga anggota kami yang merupakan perusahaan yang ditunjuk BSSN sebagai lembaga konsultan di bidang cybersecurity,” papar Soegiharto.


Bagikan artikel ini