Dua Hal yang Harus Indonesia Perhatikan dalam Implemantasi AI


Artificial Intelligence

Ilustrasi Artificial Intelligence

 

Kecerdasan buatan atau artificial intelligence (AI) kini menjadi teknologi yang berperan banyak dalam berbagai aspek kehidupan manusia, terutama dengan kemampuannya untuk menganalisis dan melakukan kerja mandiri seperti otak manusia.

Bahkan di beberapa negara, teknologi sudah menjadi bagian dari kehidupan sehari-hari. Hal ini pun juga berlaku di Indonesia di mana AI mulai diterapkan dengan maksimal di berbagai aspek kehidupan.

Namun guna memaksimalkan teknologi AI ini, terdapat banyak hal yang harus diperhatikan. Chief Business Officer Nodeflux Ivan Renald Tigana menyampaikan dalam acara Uzone Talks, ada dua hal yang menjadi urgensi untuk penerapan AI di Indonesia, melansir dari Uzone.id, Senin (19/7/2021).

Hal pertama yang harus diperhatikan adalah jaringan serta infrastruktur yang merata. Jaringan serta infrastruktur yang merata akan memungkinkan implementasi teknologi AI yang semakin maksimal serta tanpa hambatan.

Selain itu, jaringan dan infrastruktur merata yang bisa digunakan untuk implementasi AI akan membuat teknologi ini bisa diterapkan tanpa batas di seluruh Indonesia. Jika kebutuhan tidak bisa dipenuhi, maka implementasi yang ingin dilakukan pun tidak bisa maksimal.

Urgensi lain yang perlu diperhatikan untuk pemaksimalan AI di Indonesia adalah melakukan riset. Hal ini dikarenakan Indonesia dinilai masih kurang dalam memberikan dukungan untuk pelaksanaan riset terkait AI.

Maka dari itu, Indonesia diharapkan untuk dapat mengadakan berbagai riset terkait AI untuk melakukan analisa serta menyusun strategi untuk pengaplikasian AI di Indonesia dengan maksimal dan tanpa hambatan.

Kedua hal tersebut tentunya menjadi urgensi untuk diperhatikan Indonesia jika ingin memaksimalkan aplikasi teknologi dalam berbagai aspek kehidupan. Indonesia diharapkan bisa menjadi negara smart dengan implementasi maksimal AI bersama teknologi lainnya.


Bagikan artikel ini