Dukung Smart City, Esri Indonesia Luncurkan Program OneMap.id


Ilustrasi Smart City

Ilustrasi Smart City

Perusahaan penyedia solusi teknologi geospasial Esri Indonesia meluncurkan program untuk smart city bernama OneMap.id. Program ini merupakan portal berbasis Sistem Informasi Geografis (SIG) yang didukung dengan teknologi artificial intelligence (AI) dan dirancang untuk mendukung pemerintah daerah.

Portal berbasis SIG ini disebut dapat mempercepat transformasi digital di lingkungan pemerintah daerah sehingga dapat meningkatkan kepuasan masyarakat terhadap pelayanan pemerintah daerah. Selain itu, dapat mendukung pemerintah daerah pula untuk membuat kebijakan secara cepat dan akurat.

Solusi dalam OneMap.id yang dikembangkan oleh Esri Indonesia adalah solusi tematik geospasial, mencakup pengawasan epidemiologi, pengelolaan pajak dan pendapatan, pemantauan kejahatan, pengelolaan lingkungan dan limbah, pariwisata, mitigasi bencana, pengelolaan infrastruktur, hingga bantuan sosial serta keterlibatan masyarakat.

Chief Industry Solution Officer Esri Indonesia Cahyo Nugroho mengungkap bahwa solusi-solusi yang dihadirkan tersebut dapat dengan mudah diterapkan serta diintegrasikan ke dalam sistem tanpa perlu menulis satu baris kode pun.

“Pandemi COVID-19 telah mempercepat transformasi digital di banyak organisasi dan cara terbaik untuk memberikan layanan publik yang lebih cerdas dan cepat adalah dengan memanfaatkan data geospasial dalam membuat keputusan kebijakan publik,” kata Cahyo, meansir dari InfoKomputer, Senin (11/10/2021).

Cahyo mencontohkan para pengambil keputusan mengenai pekerjaan umum dan infrastruktur, yang dapat menggunakan teknologi SIG untuk membantu mengelola perkotaan dan lembaga pemerintah memaksimalkan investasi infrastruktur publik.

Selain itu, Cahyo juga menuturkan bahwa penggunaan teknologi AI berbasis geospasial atau Geo-AI juga dapat digunakan dalam melakukan analisis objek-objek infrastruktur publik, seperti kerusakan jalan atau kebutuhan infrastruktur lainnya.

“Melalui penggunaan peta interaktif dan pemantauan melalui satu dashboard, tentunya akan sangat membantu pengambil keputusan untuk merencanakan dan memperpanjang umur manfaat infrastruktur publik,” tutur Cahyo.

Geo-AI disebut Cahyo juga dapat memastikan para pembayar pajak serta generasi mendatang memperoleh manfaat dari infrastruktur yang telah dibangun dan dapat dipelihara dengan baik. Ia juga menyampaikan bahwa beberapa hal tersebut hanya sebagian dari kemampuan teknologi SIG untuk mendukung perkotaan seluruh dunia menjadi smart city.

Cahyo yakin bahwa OneMap.id dapat membuka jalan bagi keberadaan smart city di seluruh Indonesia. Sedangkan hingga saat ini, 15 kota di Indonesia telah memanfaatkan solusi OneMap.id, diantaranya adalah Kabupaten Gresik, Pasuruan, Sampang, Kota Banjarbaru, Kabupaten Kutai Kartanegara, Wonogiri, Puncak Jaya, Provinsi Maluku, Sulawesi Selatan, dan masih banyak lagi.


Bagikan artikel ini