Dukung Transformasi Digital, Vivere Andalkan AWS Cloud


Transformasi bisnis Digital

Ilustrasi Transformasi bisnis Digital

Perusahaan dibidang solusi interior dan furniture Vivere Group Indonesia, berencana memanfaatkan data analytics (DA) pada cloud computing milik Amazon Web Service (AWS). Rencana tersebut dibuat dalam rangka melakukan tranformasi digital. Vivere kini sedang mengkaji mengenai pengimplementasian data analytics pada perusahaannya tersebut.

Sejak awal 2019, Vivere melakukan migrasi ke cloud menggunakan layanan Amazon Web Services (AWS) agar sistem IT perusahaan semakin lincah. Migrasi infrastruktur IT perusahaan ke komputasi awan AWS sudah terlaksana sepenuhnya pada akhir Desember 2019 lalu. Dengan berbagai peralatan atau tools dari AWS ini, akan mempercepat dan mempermudah dalam mengolah data-data di perusahaan manufaktur furnitur tersebut.

“Dengan adanya tools yang ada di AWS ini bisa mempercepat kami dan mempermudah kami dalam mengolah data-data yang ada,” ujar Donny Fernando, Head of Information Systems Vivere, Senin (20/7).

Pemanfaatan cloud computing ini mempunyai beragam manfaat. Misalnya pada keamanan pusat data menjadi lebih terjaga sehingga konektivitas pada availability service tidak bermasalah dan kapasitas infrastruktur IT lebih efisien. Disisi lain, pemanfaatan kapasitas infrastruktur IT pun menjadi lebih efisien, sebab perangkat tools yang ada ada komputasi awan AWS memungkinkan Vivere untuk mengatur penggunaan kapasitas infrasturktur IT sesuai dengan tingkat pertumbuhan bisnis yang ada.

Selain itu, pada penggunaan cloud computing  ini, dapat mengurangi downtime akibat berbagai gangguan, seperti hardware failure dan sebab lainnya. Hal ini sangat berguna karena hardware failure ini dapat menghambat proses penerimaan, penyelesaian serta pengiriman pesanan.

Saat ini, Vivere tengah berada di babak selanjutnya dalam proses implementasi cloud mereka. Donny saat ini tengah meningkatkan skill personel mereka melalui pelatihan secara daring, agar mereka tetap handal dalam mengembangkan aplikasi-aplikasi mutakhir berbasis cloud.

"Sekarang sudah tahap pembuatan road map dan strateginya, target kami tahun ini kita sudah mulai masuk ke sana, semoga tahun depan kami sudah bisa optimized di sana," kata Donny.

"Kami ingin mengoptimalkan seluruh layanan yang dihadirkan oleh AWS, seperti dalam mendukung beragam teknologi mutakhir machine learning, analitik, hingga IoT," lanjutnya.