Elitery Dukung Kebutuhan Cloud Computing yang Makin Tinggi Pascapandemi


Layanan Cloud Computing

Layanan Cloud Computing

Internet kini telah menjadi syarat utama dalam menjalankan ekonomi digital, terutama dalam menjalankan berbagai proses bisnis. Bersamaan dengan internet, kebutuhan akan teknologi cloud computing sebagai salah satu fondasi utama di era digital juga semakin meningkat.

Presiden Direktur PT Data Sinergitama Jaya atau lebih dikenal sebagai Elitery, Kresna Adiprawira mengatakan bahwa teknologi cloud computing tidak terasa kini telah menjadi bagian dari kehidupan sehari-hari.

Aplikasi yang hampir setiap hari digunakan untuk menunjang aktivitas seperti e-mail, chat, mobile banking, dan masih banyak lagi hampir bisa dipastikan berjalan dengan menggunakan cloud computing. Penggunaan yang semakin banyak ini pun didukung pula dengan pandemi COVID-19.

“Teknologi cloud computing memungkinkan perusahaan dan pemerintahan untuk berinovasi dan beradaptasi terhadap perubahan secara cepat dan cost effective, sehingga roda ekonomi dan pemerintahan masih tetap berjalan di tengah pandemi,” kata Kresna dalam keterangannya, melansir dari BeritaSatu.com, Kamis (4/8/2022).

Kresna kemudian menyampaikan, bahwa kebutuhan cloud di Indonesia saat ini sangat besar dan diprediksi akan semakin besar kedepannya. Hal ini pun didukung oleh pemerintah yang terus mendorong upaya transformasi digital guna mencapai target Indonesia Emas 2045 serta menjalankan peta jalan Making Indonesia 4.0.

Berdasarkan laporan The Future of Cloud in Asia Pacific dari CISCO dan BCG pada tahun 2021 sendiri, pengeluaran untuk infrastruktur teknologi informasi dan public cloud di Indonesia merupakan yang terbesar di Asia Tenggara.

Sementara Compounding Annual Growth (CAGR) layanan public cloud di Indonesia sendiri mencapai 25%, lebih tinggi dibandingkan dengan Malaysia sebesar 23%, dan Singapura yang hanya 20%.

Oleh karena itu, Kresna menuturkan bahwa Elitery telah menyediakan produk dan layanan yang dapat menjadi solusi bagi pemerintah maupun industri untuk mempercepat transformasi digital. Produk yang dihadirkan pun senantiasa dikembangkan sesuai kebutuhan pelanggan.

“Elitery terus melakukan riset dan pengembangan produk serta layanan, agar dapat menyesuaikan perkembangan teknologi dan memberikan solusi yang tepat untuk pasar,” tegas Kresna.

Menurut Kresna, Elitery memiliki dua kategori penawaran yaitu produk dan layanan khusus. Produk merupakan layanan yang sudah dikemas dalam suatu penawaran harga serta spesifikasi teknis yang baku serta siap pakai. Contoh produk ini adalah Elicovery, Elivision, dan Sipandu.

Pelanggan kemudian dapat dengan mudah memperoleh produk Elitery yang sesuai dengan kebutuhan mereka. Elitery pun memanfaatkan cloud computing sebagai fondasi untuk menyediakan layanan dan produk yang terus dikembangkan.

“Produk diatas dikembangkan dan diimplementasikan menggunakan teknologi berbasis cloud computing. Adapun layanan khusus adalah layanan yang dapat disesuaikan dengan kebutuhan pelanggan, seperti layanan managed cloud dan managed network,” jelas Kresna.

Kresna kemudian menuturkan bahwa Elitery dapat memberikan layanan terbaik baik bagi pelanggan, mulai dari membangun infrastruktur, implementasi, hingga pengelolaan infrastruktur teknologi informasi. Hal ini kemudian memudahkan pelanggan Elitery untuk mengelola infrastruktur mereka.

Selain itu, Kresna juga mengatakan bahwa pihaknya melihat mayoritas perusahaan di Indonesia ingin fokus terhadap core business mereka. Hal ini kemudian membuat perusahaan menyerahkan implementasi serta pengelolaan infrastruktur cloud dan jaringan mereka kepada Elitery. Kehidupan masyarakat kedepannya pun tidak dapat dipungkiri akan semakin digital.

“Elitery hadir di Indonesia untuk membantu transformasi digital dan menjalankan misi kami untuk memberikan manfaat kepada masyarakat melalui teknologi informasi,” tutup Kresna.


Bagikan artikel ini