EMove Manfaatkan IoT untuk Aplikasi Sewa Kendaraan Listrik


IOT

Ilustrasi IOT

Penggunaan kendaraan listrik di Indonesia dari tahun ke tahun terus meningkat terutama di kota-kota besar. Ini seiring dengan upaya pemerintah mendorong penggunaan kendaraan elektrifikasi. 

Menyikapi itu, perusahaan rintisan (startup) Adhya Group mengembangkan sewa atau rental kendaraan listrik berbasis teknologi, EMove. Masyarakat dapat menyewa kendaraan listrik melalui smartphone dengan sistem pemesanan dan pembayaran lebih simpel.

"Kami mengembangkan software yang dapat ditanamkan pada kendaraan hingga dapat dihubungkan ke server sehingga dapat dioperasikan melalui sebuah aplikasi melalui teknologi Internet of Things (IoT)," ujar CEO of Adhya Group, Ricky Wijaya di Jakarta, Selasa (10/10/2023).

Dia menuturkan EMove dibangun untuk memudahkan mobilitas masyarakat dalam aktivitas sehari-hari melalui aplikasi, pengguna dapat dengan mudah menyewa dan menggunakan kendaraan listrik. Di samping itu kendaraan listrik tidak khawatir ganjil genap. 

"Layanan EMove memiliki pilihan durasi sewa. Pengguna dapat memilih sewa jam-jaman atau harian, sehingga dapat disesuaikan dengan kebutuhan," katanya. 

Founder of Casion, Kevin mengatakan ada berbagai potensi kerja sama yang dapat dilakukan dengan EMove. Antara lain kerja sama dengan Stasiun Pengisian Kendaraan Listrik Umum (SPKLU), di mana penggguna EMove diberikan gratis charging selama 1 jam di SPKLU. 

"Kami membuka peluang bagi perusahaan-perusahaan yang ingin sewa kendaraan listrik, baik mobil ataupun motor dengan kerja sama bulanan atau tahunan," katanya. 

Dia menyebutkan masyarakat yang memiliki kendaraan listrik juga dapat menyewakan melalui platform EMove. Saat ini, baru tersedia delapan unit mobil listrik dengan sistem sewa Rp40 ribu per jam. “Target unit dan wilayah EMove ke depan secara keseluruhan adalah 500 unit sampai dengan 2025, mulai dari mobil listrik, motor listrik, sepeda listrik dan SKPLU. Fase pertama target wilayah kami kota Jakarta, Bali, Medan dan Bandung,” tambah Ricky seperti dilansir dari Inews.


Bagikan artikel ini