Equnix Kenalkan Layanan Private Cloud Equnix Appliance


Cloud Computing

Cloud Computing

Kebutuhan korporasi akan teknologi di era bisnis digital semakin berkembang. Faktor keamanan dan kenyamanan dalam mengatur dan merawat sistem teknologi menjadi salah satu kebutuhan utama bagi korporasi.

Untuk menjawab kebutuhan korporasi tersebut, PT Equnix Business Solutios memperkenalkan Equnix Appliance yang merupakan produk layanan teknologi yang memberikan layanan dan senyaman dan semudah cloud.

Equnix Appliance merupakan sebuah sistem teknologi informasi yang dipergunakan oleh korporasi memiliki kesatuan integritas layanan dari ground to apps, menyeluruh dari hardware, os, tools  hingga aplikasi dalam hal pengembangan, operasional dan perawatannya.

Julyanto Sutandang, CEO PT Equnix Business Solutions menyebutkan kebutuhan cloud untuk berbisnis memang bisa memberikan layanan teknologi.

“Cloud memang bagus dan menarik untuk ritel, startup, dan UMKM tapi kurang cocok untuk korporasi yang butuh mission critical,” kata Julyanto Dalam program Equnix Weekly Tech Talk (EWTT) 2022 kemarin.

Mission critical yang dimaksud adalah kondisi kritikalitas sebuah sistem, yang tidak boleh “out of service” dalam kondisi apapun dan memiliki tingkat keamanan yang tinggi dalam segala aspek.

Dengan kata lain pengoperasian server tersebut sangat penting untuk menjalankan aktivitas rutin, seperti misalnya sistem Internet banking, ATM, aplikasi pelayanan publik yang terus menerus melayani masyarakat secara online setiap saat.

Nah menurut Julyanto, cloud sejatinya dibuat untuk ritel sehingga mudah digunakan dimana dan kapan saja, untuk membayar yang dipakai saja sehingga terasa murah serta dapat disesuaikan kebutuhan.

“Jadi layanan ritel pasti tidak akan mau direpotkan oleh kebutuhan korporasi besar yang tentunya ingin dilayani secara premium dengan sentuhan personal. Karena didesain untuk ritel kemudian dipergunakan oleh Bisnis (B2B), jadinya tidak cocok, ada yang missed,” jelas Julyanto yang dikutip Industri.kontan.co.id.

Faktor level keamanan dan kenyamanan yang tinggi dalam menjaga kestabilan, kemudahan dimaintain dan dioperasikan, menurut Julyanto, menjadi alasan utama bagi korporasi besar dalam memilih sistem yang digunakan.

Bukan hanya itu saja, di cloud juga  perusahaan tidak mempunyai kontrol sama sekali. Hal ini yang membuat sebuah korporasi membutuhkan sebuah sistem yang lebih dari sekadar cloud saja. Nah, salah satu layanan dari Equinix ini bisa menjawab kebutuhan dari korporasi untuk solusi teknologi.   

“Korporasi besar pastinya ingin memiliki total kontrol sedangkan kalau dikelola dengan cara masa lalu maka sangat merepotkan, apalagi jika tidak punya departemen IT yang bagus,” ujar Made Wiryana seorang pengajar dan konsultan Pemerintah dalam bidang TI.

Equnix Appliance bisa digunakan dengan beberapa metode seperti Managed Service Cloud On-Premise, Manage Service Appliance, dan digunakan secara mandiri atau tanpa manajemen layanan.


Bagikan artikel ini