Era Baru Kebangkitan Nasional Dengan Majunya Digitalisasi


Menteri Kominfo Johnny G. Plate

Menteri Kominfo Johnny G. Plate

Peringatan hari Kebangkitan Nasional yang biasanya diperingati pada tanggal 20 Mei ini memberikan era terbarunya terutama dalam hal Digitalisasi.

Menteri Komunikasi dan Informatika, Johnny G Plate mengungkapkan program Indonesia Makin Cakap Digital diresmikan bertepatan dengan hari Kebangkitan Nasional.

"Ini selaras dengan peringatan hari Kebangkitan Nasional ke 103 yang jatuh pada hari ini," ujar Johnny di acara Indonesia Makin Cakap Digital yang dikutip pada Jumat (21/5).

Dikutip dari Liputan6, Johnny mengatakan acara tersebut diikuti oleh 300 ribu lebih partisipan yang hadir secara daring melalui aplikasi rapat online. Kegiatan ini menjadi acara pertemuan dengan peserta terbanyak yang pernah dilangsungkan sebelumnya.

Kegiatan ini kata dia menandai kebangkitan nasional saat ini dengan cara baru. Kebangkitan nasional di era baru dengan digitalisasi Indonesia.

"Partisipasi saudara semua ini tidak hanya menandai peringatan kebangkitan nasional tetapi juga menandai kebangkitan era baru, era digital nasional Indonesia," tutur Johnny.

Dalam kesempatan yang sama Johnny menjelaskan pemerintah memiliki program literasi digital nasional dengan target 12,4 juta partisipan per tahun.

Oihak Kementerian Komunikasi dan Informatika mencanangkan program Digital Scholarship (DTS) yang menyediakan 100 ribu beasiswa per tahun untuk mengasah keterampilan digital di tingkat menengah seperti Big Data, Cloud Computing, AI, keamanan siber, dan teknologi digital lainnya.

Berbagai program tersebut bisa diakses secara gratis oleh masyarakat. Untuk itu dengan adanya beasiswa diharapkan untuk bisa dimanfaatkan oleh masyarakat secara maksimal.


Bagikan artikel ini