Teknologi ERP SystemEver Berbasis Cloud Jadi Solusi Pertumbuhan Industri Manufaktur Indonesia


Ilustrasi Cloud Computing

Ilustrasi Cloud Computing

Penerapan teknologi digital untuk integrasi dalam sistem manajemen menjadi salah satu solusi untuk dapat memenuhi tuntutan kebutuhan pasar yang semakin kompetitif. Hal ini pun tidak luput pula dari industri manufaktur.

SystemEver, software ERP (Enterprise Resource Planning) yang berbasis cloud merupakan ERP yang dikeluarkan perusahaan asal Korea Selatan, Younglimwon Softlab. Piranti lunak ERP ini telah hadir di Indonesia sejak 2017 dan menjadi bagian dari solusi perusahaan manufaktur Indonesia untuk dapat berkembang dengan pesat.

SystemEver pun hadir dalam beberapa seri, dan seri terbaru i7 saat ini tengah dipersiapkan khusus untuk membantu kebutuhan pelaku industri manufaktur. Seri ini pun diharapkan bisa menjadi solusi perusahaan untuk melakukan fungsi operasional manajemen, seperti pengelolaan keuangan, pengadaan barang, produksi hingga proyek, serta sumber daya manusia (SDM).

Perwakilan SystemEver Indonesia, Charles Kwon mengatakan bahwa software ERP seri i7 ini dirancang untuk manufaktur yang tengah berkembang dan memiliki kesulitan untuk mengintegrasikan data serta sistem manajemen.

“Bagi manufaktur yang telah memiliki MPS (Master Production Scheduling) dan BOM (Bill of Material) ingin mengelola perusahaan menjadi efektif dan efisien, seri i7 juga sangat dianjurkan bisa digunakan,” tutur Charles Kwon melansir dari Industry.co.id, Minggu (6/6/2021).

Menurut Charles, software ERP seri i7 ini dapat membantu perusahaan manufaktur yang ingin melakukan perencanaan produksi dan menerapkan rencana penjualan jangka panjang maupun pendek. Selain itu, dengan kecanggihan cloud SystemEver juga memudahkan karyawan dan pelaku bisnis untuk melakukan ekspor data berdasarkan kebutuhan secara cepat dan efisien.

Sistemnya yang terintegrasi juga membantu pelaku bisnis untuk dapat tetap produktif di mana pun dan kapanpun dengan akses data akurat, aman, serta real time. Keputusan bisnis strategis kemudian dapat dibuat dengan cepat berdasarkan dukungan data analytics atau analisis data yang lengkap.

Adanya Visual-K Process Map yang dihadirkan SystemEver, memberikan fitur paling diidamkan. Hal ini karena fitur menyuguhkan tampilan data secara keseluruhan serta komprehensif dalam satu layar dengan user interface yang mudah digunakan.

Keuangan perusahaan juga bisa dikelola dengan lebih rapi, karena teknologi ERP dapat mengelola laporan keuanan perusahaan manufaktur. Mulai dari sistem pengelolaan persediaan barang secara lengkap, mencatat transaksi penjualan dan pembelian, mencetak invoice, hingga menghasilkan laporan dan grafik analisis keuangan perusahaan manufaktur itu sendiri.

“SystemEver adalah one page ERP. Hanya dengan satu software, beragam permasalahan yang biasa terjadi di perusahaan manufaktur dapat teratasi,” tandas Charles Kwon.