F5 Cloud Services Tawarkan Kemudahan Untuk Memenuhi Kebutuhan Aplikasi Modern


Layanan Cloud Computing

Ilustrasi Layanan Cloud Computing

Multipolar Technology sebagai mitra resmi dari F5 di Indonsia menyampaikan bahwa solusi F5 Cloud Services memberikan kemudahan bagi perusahaan untuk dapat melakukan efisiensi serta inovasi dengan pendekatan model opex.

“Cukup dengan utilisasi resource atau layanan yang dibutuhkan, maka web application akan tetap aman serta bisa diakses,” kata Yohan Gunawan, Director Hybrid Infrastructure Services Business PT Multipolar Technology Tbk dalam webinar bertajuk ‘How to Manage Risks in the Cloud’, Selasa (9/3/2021).

Yohan memaparkan, solusi F5 Cloud Services sendiri atas kumpulan layanan atau services di area administrasi jaringan, keamanan, serta application delivery yang berbasis native-cloud. Maka dari itu, solusi ini menjadi solusi cloud computing atau komputasi awan yang simpel namun mumpuni dengan pendekatan yang berorientasi DevOps sehingga kebutuhan aplikasi modern bisa terpenuhi.

Melalui F5 Cloud Services, solusi F5 yang sebelumnya hanya tersedia dalam bentuk perangkat keras atau hardware kini bisa dinikmati dengan konsep Software-as-a-Service (SaaS) yang dibangun dengan basis model Self-Service atau Pay-As-You-Go, di mana penggunanya bisa membayar solusi yang digunakan saja.

Konsep pay-as-you-go ini yang diusung F5 Cloud Services untuk kemudian mempercepat application delivery dan keamanan aplikasi web tanpa perlu memandang platform cloud yang digunakan, serta mendukung multi-cloud pula. Berbasis cloud, proses implementasi bisa dilakukan dengan cepat dan lengkap dengan dashboard untuk memudahkan pemantauan aplikasi web.

Manfaat yang didapat dengan percepatan ini adalah berkurangnya kompleksitas untuk pengelolaan infrastruktur, high availability yang terjamin dengan aplikasi web yang dapat diakses kapan saja dan di mana saja, hingga efisiensi biaya.

“F5 Cloud Services memperlihatkan berbagai keunggulan, di antaranya Essential App Protect Service yang menyajikan layanan untuk melakukan proteksi menyeluruh terhadap web application dan memberikan update sehingga web application dapat terproteksi dari ancaman baru,” jelas Yohan.

Selain itu, Yohan melanjutkan, ada juga DNS Load Balancer Cloud Service. Layanan ini digunakan untuk mengakses server milik perusahaan, di mana load balancer akan membantu mengarahkan akses user ke server terdekat sehingga web application tetap dapat diakses dengan lancar. Layanan ini cocok dengan perusahaan multi-nasional yang memiliki banyak cabang.

Layanan unggul lain dari F5 Cloud Service adalah DNS Cloud Service yang merupakan backup primary DNS Service dan built-in DDoS Protection agar tetap bisa diakses dengan lancar. Jika primary DNS mati, maka F5 dapat melakukan backup data sehingga akses terhadap web application tidak terganggu.

Layanan yang ditawarkan F5 Cloud Services kemudian sesuai dengan tren perusahaan yang memindahkan infrastruktur dan penyimpanan data ke layanan berbasis cloud. Selain itu, layanan ini akan mendukung pelayanan yang lebih cepat dan tepat bagi pelanggan perusahaan.