Mengapa Firewall Memiliki Peranan Penting dalam Network Security?


Ilustrasi Cyber Security

Ilustrasi Cyber Security

Keamanan jaringan atau Network Security menjadi faktor penting dalam mencegah ancaman cyber selama berselancar di internet. Terlebih untuk semua bisnis yang memanfaatkan jaringan internet dalam produktivitas mereka setiap harinya. Sebab itu, kita perlu melakukan cara untuk mencegah ancaman tersebut yang dapat merusak aktivitas bisnis nantinya.

Meskipun hal itu penting untuk dilakukan, masih banyak para pengguna internet yang menganggapnya sebagai hal yang sepele. Inilah kenapa mereka sering mengalami kerugian dari serangan cyber yang bisa menghilangkan data bisnis sewaktu-waktu. Salah satu strategi atau metode yang sering digunakan untuk mencegah ancaman cyber tersebut adalah dengan menggunakan Firewall. Firewall menjadi alat atau tools untuk mencegah serta mengatasi ancaman cyber selama menggunakan jaringan internet.

Definisi dari network security sendiri merupakan sebuah aturan dan konfigurasi yang dibuat untuk melindungi integritas, kerahasiaan, maupun ketersediaan jaringan komputer, dan data. Sementara, definisi dari firewall adalah sebuah sistem keamanan yang digunakan untuk meningkatkan keamanan komputer yang terhubung ke internet dari beragam jenis serangan, seperti virus, malware, dan lainnya. Meski faktanya dalam network security terdapat banyak jenis alat atau sistem yang dapat digunakan, firewall menjadi alat yang sering digunakan dalam mencegah ancaman cyber.

Yang dilakukan Firewall untuk Network Security Terhadap Ancaman Cyber

Ilustrasi Firewall

Tugas utama yang dilakukan firewall dalam sebuah komputer adalah melakukan kontrol maupun memonitoring semua koneksi yang masuk dan keluar dalam jaringan berdasarkan aturan keamanan yang sudah ditetapkan. Firewall berfungsi untuk menghentikan intrusi serta menyediakan metode kebijakan atas kontrol akses yang tidak sah.

Manfaat dari penggunaan firewall sendiri adalah untuk melindungi komputer kita dari ancaman cyber, seperti akses jarak jauh yang tidak sah. Biasanya oknum tak bertanggung jawab ini ingin mengambil alih kontrol atas akses komputer kita. Dengan firewall, kita bisa memonitor bahkan menonaktifkan akses komputer dari jaringan yang tidak dikenal, sehingga dapat mencegah mereka dalam mengambil alih komputer.

Manfaat yang paling penting dari firewall adalah mengurangi peluang infeksi malware dan memblokirnya secara akurat. Sehingga dampak negatif dari malware tidak akan melebar ke perangkat komputer, yang tentu berdampak buruk bagi keamanan perangkat dan data kita.

Cara kerja dari firewall sendiri dibagi menjadi tiga metode untuk dapat mengontrol traffic data selama kita melakukan aktivitas keluar masuk dari jaringan internet. Berikut ini adalah cara kerja dari firewall, antara lain:

  • Melakukan Filtering (penyaringan) Paket Data, di mana pada metode ini firewall akan mengambil potongan kecil data yang akan dianalisis terhadap satu set filter. Kemudian, paket yang telah lolos dari tahap filter masuk maka akan dikirim ke sistem yang diminta pengguna. Sementara untuk paket lainnya atau yang tidak lolos akan dibuang.
  • Proxy Service, untuk metode ini firewall akan mengambil informasi dari internet yang kemudian dikirim ke sistem yang diminta. Hal ini juga berlaku sebaliknya, sehingga dapat terjadi proses yang terus berkelanjutan sesuai dengan layanan proxy service. Proxy Service berusaha menghubungkan antarjaringan yang mirip, maka sebab itu metode ini dinyatakan lebih efektif.
  • Stateful Inspection, di mana pada metode ini sistem akan membandingkan bagian-bagian tertentu dari paket dalam database yang terpercaya. Kemudian, firewall akan menentukan secara spesifik sesuai karakteristik yang telah ditentukan. Apabila perbandingan menghasilkan kecocokan yang masuk akal, maka informasi itu diizinkan masuk.

Oleh karenanya, penggunaan firewall penting untuk kelancaran bisnis Anda. Untuk menjamin keamanan transmisi data Anda pada infrastruktur cloud, Anda dapat memanfaatkan layanan cloud yang sudah terdapat firewall di dalamnya.

Zettagrid Indonesia sebagai penyedia layanan cloud lokal dengan firewall berlapis, dapat membantu kebutuhan bisnis Anda. Anda tidak perlu khawatir dengan data perusahan jika menggunakan cloud Zettagrid, karena layanan cloud kita telah bersertifikasi internasional yang mana keamanannya telah terjamin.

Jika Anda tertarik dengan cloud Zettagrid, Anda dapat mengetahui informasi lebih lengkapnya dengan menghubungi tim kami ke [email protected].


Bagikan artikel ini