Flash Coffee: Manfaat Cloud Computing untuk Kemajuan Bisnis


Layanan Cloud Computing

Ilustrasi Layanan Cloud Computing

Flash COffee, gerai kopi yang saat ini tengah tumbuh pesat di Jakarta belum lama ini melaksanakan dialog bersama eCloudvalley Digital Technology mengenai manfaat teknologi cloud computing untuk mengakselerasi usaha. eCloudvalley sendiri merupakan mitra Amazon Web Services (AWS) untuk jasa konsultasi seputar teknologi AWS di Indonesia.

Cloud computing dalam konteks operasional Flash Coffee sendiri menawarkan banyak manfaat, seperti teknologi serverless atau komputasi tanpa server. Teknologi ini membantu berlangsungnya sejumlah proses krusial saat dibutuhkan tanpa ada biaya penggunaan server yang terbuang sia-sia.

“Teknologi serverless dapat mengurangi biaya operasional, karena biasanya proses menjalankan kode, mengelola data dan mengintegrasikan aplikasi membutuhkan server yang harus beroperasi tiap hari, sepanjang hari. Selain itu, kapasitas memori server bisa berubah sesuai kebutuhan,” kata Head of Engineering Flash Coffee Asia Pasifik, Ali Irawan dalam paparannya, Rabu (24/5/2022).

Ali kemudian mencontohkan proses pada jam-jam traffic pemesanan tinggi, di mana memori server akan secara otomatis meningkat. Ia juga menuturkan bahwa ada banyak sekali layanan siap pakai yang ditawarkan teknologi cloud computing, sehingga Flash Coffee kemudian dapat menghemat waktu untuk pengembangan teknologi.

Penggunaan cloud computing sendiri dinilai penting untuk mewujudkan transformasi digital serta transformasi bisnis menuju industri 4.0. Hal ini karena perusahaan kini mengukur kinerja mereka dari efektivitas operasional serta pengalaman atas kepuasan pelanggan.

Cloud computing dapat membantu sebuah perusahaan untuk meningkatkan keduanya, dan menawarkan potensi tak terbatas kepada pelanggan mereka. Hal ini menjadi strategi kunci untuk bisa tetap bersaing di era pandemi saat ini,” jelas Senior Business Development Manager eCloudvalley Indonesia, Dwiantoro Wibowo.

Hadir sejak 2020, Flash Coffee saat ini telah memiliki lebih dari 80 gerai di seluruh wilayah Jabodetabek. Flash Coffee pun saat ini beroperasi di beberapa negara seperti Thailand, Singapura, Taiwan, Jepang, Korea Selatan, dan Hong Kong.


Bagikan artikel ini