Dukung Layanan, FUJIFILM Hadirkan FDR Nano Berbasis AI di RSUI


Artificial Intelligence

Artificial Intelligence

FUJIFILM melalui program kerja sama dengan Rumah Sakit Univesitas Indonesia (RSUI) dan JICA (Japan International Cooperation Agency) untuk pertama kalinya di Indonesia menghadirkan instalasi mobile digital X-ray dengan teknologi kecerdasan buatan atau artificial intelligence (AI), yaitu FDR Nano.

FDR Nano ini pun hadir dalam rangka mendukung program pengembangan serta pelayanan kesehatan di RSUI. Teknologi ini disebut dapat membantu para tenaga kesehatan untuk melakukan diagnosa terhadap beberapa penyakit seperti fibrosis, kalsifikasi, atelektasis, dan sebagainya melalui foto rontgen.

FDR Nano diluncurkan untuk menjawab permasalahan foto rontgen pasien yang selama ini harus dilakukan dengan alat yang besar di ruangan tertentu, sehingga pasien diharuskan menempuh perjalanan ke rumah sakit terdekat dan berpindah ke ruangan khusus.

Maka dengan FDR Nano yang merupakan mobile digital X-ray, alat ini dapat mudah dipindahkan sehingga pasien tidak perlu berpindah tempat. Waktu yang diambil untuk mengambil foto rontgen pun lebih cepat, dengan hasil yang tepat serta akurat.

Managing Director FUJIFILM Asia Pasifik Haruto Iwata yang hadir dalam instalasi perdana FDR Nano pun menyambut baik peluncuran teknologi berbasis AI ini di Indonesia. Haruto menuturkan, bahwa FDR Nano merupakan hasil dari perjalanan panjang FUJIFILM di bidang kesehatan.

“Dari berbagai belahan dunia termasuk Asia Pasifik telah mengapresiasi salah satu inovasi unggulan yang dihadirkan FUJIFILM ini. Kami sangat bersyukur dan bangga dapat memperkenalkan solusi ini untuk pertama kalinya di rumah sakit universitas terkemuka di Indonesia, yakni RSUI,” kata Haruto Iwata dalam sambutannya, melansir dari Medcom.id, Senin (21/3/2022).

FUJIFILM sebagai perusahaan teknologi terdepan dalam perawatan kesehatan yang komprehensif pun terus berupaya untuk menghadirkan beragam inovasi guna memenuhi kebutuhan masyarakat Indonesia. Oleh karena itu, FUJIFILM Indonesia bertekad untuk membantu meningkatkan akses layanan kesehatan di RSUI Depok, Jawa Barat.

Inisiatif FUJIFILM Indonesia pun sejalan dengan visi dan misi dari RSUI, yaitu untuk menjadi rumah sakit pendidikan berkelas dunia di tahun 2030, menyelenggarakan pendidikan interprofesional bidang kesehatan yang komprehensif, dan mampu menyelenggarakan pelayanan kesehatan yang paripurna.

“Kami sangat senang dengan terobosan teknologi alat sinar-x terbaru yang dihadirkan oleh FUJIFILM Indonesia. Instalasi alat inovatif di rumah sakit kami akan sangat mendukung layanan kesehatan yang diberikan untuk para pasien,” kata Direktur Utama RSUI Dr.dr. Astuti Giantini, Sp.PK(K), MPH.

Astuti juga menyampaikan bahwa instalasi FDR Nano di RSUI lebih jauh bisa meningkatkan pelayanan oleh tenaga kesehatan di RSUI, sehingga kedepannya bisa menjadi bukti bahwa kualitas pelayanan kesehatan di Indonesia semakin canggih, cepat, dan mudah diperoleh masyarakat.

FUJIFILM sendiri sebagai perusahaan teknologi telah mencatat sejarah panjang dalam mendukung inovasi di bidang perawatan kesehatan. Berawal dari pembuatan film x-ray pada 1936 lalu, kini FUJIFILM telah menghadirkan teknologi perawatan kesehatan di seluruh aspek, mulai dari pencegahan, diagnosis, hingga pengobatan.

Tidak hanya itu, FUJIFILM kini juga berfokus pada pengembangan teknologi berbasis AI untuk dapat mendukung diagnosis dokter, dengan memanfaatkan teknologi pemrosesan data gambar yang canggih sehingga pelayanan kesehatan pun dapat ditingkatkan.


Bagikan artikel ini