Startup Goodeva Hadirkan Teknologi Berbasis AI dan IoT untuk Cegah Kecelakaan Kerja


Ilustrasi Artificial Intelligence

Ilustrasi Artificial Intelligence

Startup asal Indonesia, Goodeva yang merupakan pengembang platform B2B Health and Safety hadirkan inovasi teknologi canggih yang mampu memantau kesehatan karyawan serta mencegah adanya insiden kecelakaan kerja. Teknologi ini mengadopsi artificial intelligence (AI) atau kecerdasan buatan dan wearables berbasis internet of things (IoT).

Penyebab utama terjadinya kecelakaan kerja dan penurunan produktivitas adalah kesehatan karyawan yang tidak terpantau dan kelelahan berlebih. Faktor manusia pun menjadi hal yang sulit dikontrol dan sering diabaikan. 

Melihat permasalahan ini, Goodeva kemudian menciptakan inovasi teknologi yang dapat mendeteksi kondisi kesehatan karyawan secara otomatis dan memastikan karyawan sehat untuk bekerja sehingga produktivitas tetap baik dan kecelakaan kerja bisa diminimalisir.

“Tren teknologi IoT wearables dan AI sudah mulai berkembang di Amerika, dan Goodeva saat ini menghadirkan inovasi karya anak bangsa yang menjadi pelopor pertama di Indonesia,” kata CEO Goodeva Technology Agustinus Putra dalam keterangan resminya, Rabu (17/11/2021).

Agustinus melanjutkan, bahwa industri di Indonesia saat ini masih fokus pada aspek mesin dan alat saja, padahal faktor manusia juga penting untuk diperhatikan. Maka dari itu, solusi teknologi dari Goodeva hadir untuk mendukung industri dalam menjalani kenormalan baru.

Aplikasi Goodeva sendiri dapat mengukur tingkat kesehatan serta kesiapan karyawan untuk bekerja. Berdasarkan pengujian yang dilakukan, teknologi dari Goodeva ini memiliki akurasi deteksi yang tinggi dan sudah mengadopsi AI guna melakukan perbaikan secara otomatis terhadap data-data yang dihasilkan oleh sensor.

Goodeva hingga saat ini juga telah banyak diimplementasikan di berbagai industri besar, dan terbukti secara signifikan dapat meningkatkan produktivitas karyawan serta menurunkan angka kecelakaan kerja hingga nol.

“Inovasi ini terbukti signifikan dapat menurunkan jumlah insiden kecelakaan kerja. Ini berdasarkan data di beberapa perusahaan yang sudah menggunakan bahkan bisa mencapai zero accident dan telah dijadikan standardisasi health and safety pada industri,” tutur VP Business Development Goodeva, Ignasius.

Pencapaian ini menjadikan Goodeva sebagai pelopor yang mengembangkan platform B2B health and safety pertama di Indonesia, dengan keberhasilan untuk mengubah budaya kerja yang sehat bagi karyawan, khususnya di lingkungan industri dengan risiko tinggi.


Bagikan artikel ini