Google Cloud Gandeng Aksesmu, Kembangkan Digitalisasi Warung


UMKM Digital

Ilustrasi UMKM Digital

Memanfaatkan infrastruktur dan teknologi Google Cloud, Akesmu membantu digitalisasi kios atau warung milik keluarga di lebih dari tiga ribu kabupaten dan membantu membuka sumber pendapatan baru.

"Upaya inovasi yang dilakukan perusahaan tidak hanya akan membantu melindungi mata pencarian pemilik warung dan memperbaiki daya saing mereka, namun juga menciptakan ekosistem distribusi barang dagang yang kuat untuk mendukung pemulihan ekonomi dan pertumbuhan jangka panjang Indonesia," ujar Pimpinan Google Cloud Indonesia, Megawaty Khie, dalam siaran pers yang dikutip dari Antaranews.com, Rabu (22/02/2022). 

Megawaty menambahkan, UMKM Indonesia merupakan urat nadi masyarakat kita, dan Aksesmu memberikan kontribusi yang signifikan terhadap tujuan negara kita untuk mengintegrasikan 30 juta UMKM ke dalam ekosistem digital hingga tahun 2024. 

Platform Aksesmu sepenuhnya menggunakan infrastruktur dan kecanggihan teknologi basis data yang saling terhubung (advanced relational database technology) dari Google Cloud yang aman dan terukur. 

“Dengan teknologi Google Cloud, yang merupakan terbaik di kelasnya, dan inovasi bersama, kami telah merancang platform digital yang mudah diakses dan dapat menjawab kebutuhan mendesak pemilik warung. Kami akan terus berkolaborasi dengan Google Cloud untuk meningkatkan dan menskalakan platform kami agar kami dapat mempercepat inklusi digital untuk 3.6 juta warung yang tersebar di seluruh wilayah nusantara,” ujar Yosef Risdianto, Commercial General Manager, Aksesmu.

Tidak sedikit pemilik warung yang tinggal di wilayah pedesaan dengan koneksi internet yang tidak stabil. Mereka juga seringkali harus menggunakan paket data berbayar sesuai pemakaian atau ponsel pintar dengan kapasitas daya simpan yang rendah. 

Menjawab tantangan ini, Aksesmu memanfaatkan platform pengembangan aplikasi (application development platform) dan kemampuan load balancing dan caching dari Google Cloud. Adanya teknologi ini memungkinkan Aksesmu menyajikan layanan yang lancar di perangkat apapun, baik saat pemilik warung mengakses platform digital Aksesmu melalui aplikasi web atau aplikasi seluler.

Aksesmu yang dikelola oleh PT. Sumber Trijaya Lestari menggunakan cloud terbuka dari Google Cloud, para pengembangnya dapat dengan cepat membuat fitur-fitur baru dan mengintegrasikan inovasi-inovasi pihak ketiga, serta  memastikan alur data dienskripsi untuk mengurangi risiko keamanan. 

Melansir dari Infokomputer.id, Aksesmu juga memanfaatkan Content Delivery Network Google Cloud guna memastikan pemilik warung dapat melakukan streaming video kapan saja dan di mana saja. Aksesmu juga menerapkan Google Kubernetes Engine untuk mengotomatisasi penerapan dan peningkatan aplikasi tanpa downtime. 

“Tim teknis kami tidak perlu melakukan konfigurasi TI secara manual yang memakan waktu dan mendedikasikan waktu mereka sepenuhnya untuk inovasi produk,” jelas Agus Priyanto. 

Untuk memastikan kolaborasi dan produktivitas yang aman di antara para karyawan, Aksesmu juga menggunakan solusi Google Workspace yang mencakup Gmail, Google Calendar, Drive, Docs, Slides, Sheets, Chat, dan Meet. 

Penggunaan Workspace ini disebut Aksesmu memungkinkan para Member Relations Officer menggunakan perangkat pilihan mereka untuk berkomunikasi dengan rekan mereka saat berada di perjalanan dan memberikan bantuan saat bertemu dengan pemilik warung.

Menurut Megawaty, dengan memanfaatkan infrastruktur Google Cloud, Aksesmu telah secara cermat merancang dan menghadirkan platform yang mudah diakses serta kaya fitur dan dapat memberi manfaat bagi 100.000 pengguna awal bahkan sebelum diluncurkan. 

 


Bagikan artikel ini