Google Cloud Hadirkan Confidential VMs di Confentional Computing


Google Cloud

Google Cloud

Dalam acara Next OnAir 2020, Selasa lalu, Google Cloud memperkenalkan teknologi baru yaitu teknologi Confidential Vms. Teknologi ini dirilis bersamaan dengan BigQuery Omni. Semakin banyaknya perusahaan yang memindahkan beban kerjanya ke cloud, kekhawatiran pun muncul tentang bagaimana cara memproses data sensitif sambari mempertahankan privasi. Google Cloud mengenkripsi data nonaktif dan data dalam transit, namun data pelanggan harus dideskripsi saat proses.

Confidential Computing merupakan teknologi baru yang dapat mengenkripsi data nonaktif dan data dalam transit, dengan catatan data pelanggan harus didekripsi saat proses. Lingkungan Confidential Computing menjaga data tetap terenkripsi di memori dan di semua titik lain diluar CPU.

Teknologi ini dapat mentransformasikan cara perusahaan memproses data di clopoud, mengelola control atas data mereka dan menjaga kerahasiaan data tersebut. Confidential VMs merupakan produk pertama dalam portofolio Confidential Google Cloud. Dengan teknologi baru yang memanfaatkan berbagai teknis isolasi dan sandboxing sebagai bagian dari infrastruktur cloud-nya google cloud dapat membantu menjaga keamanan arsitektur multi-tenant-nya.

Confidential VMs yang sekarang berada dalah tahap beta, dalam perkembangan kedepannya akan menawarkan enkripsi memori sehingga pelanggan dapat lebih mengisolasi beban kerja di cloud. Confidential VMs tersedua dalam CPU AMD dan memanfaatkan virtualisasi terenkripsi aman yang didukung CPU AMD EPYC Generasi ke 2. Dengan menwarkan kemanan dan isolasi semacam ini sambal menyediakan bagi pelanggan solusi praktis yang ridak memerlukan perubahan kode aplikasi atau penurunan performa.

Menurut General Manager and VP of Security Google Cloud Sunil Potti, Pelanggan di berbagai industri dihadapkan dengan kompleksitas dari aspek kepatuhan dan privasi di cloud, terutama di industri yang diregulasi seperti jasa keuangan, kesehatan, dan pemerintahan.

“Perusahaan-perusahaan ini ingin mengadopsi teknologi cloud terbaru, namun sering terhalang oleh persyaratan privasi data atau kepatuhan yang ketat. Confidential VMs akan membantu kami melayani pelanggan dalam industri semacam ini dengan lebih baik, sehingga mereka dapat dengan aman memanfaatkan inovasi teknologi cloud sambil menyederhanakan operasi di sisi keamanannya,” tambahnya.

Google meyakini bahwa layanan cloud computing akan lebih bergeser menuju layanan private dan terenkripsi yang bisa meyakinkan pengguna bahwa mereka akan selalu memegang kendali data mereka dan lebih terjamin keamanan dan kerasisaan data pelanggan.


Bagikan artikel ini