Google Rilis NotebookLM, Notebook AI Berbasis AI Gemini Pro


Google

Google

Google baru saja mengumumkan peluncuran NotebookLM, sebuah notebook berbasis kecerdasan buatan yang dikembangkan menggunakan model bahasa Gemini Pro. Gemini Pro sendiri adalah bagian dari keluarga model bahasa Gemini, yang mencakup Nano, Pro, dan Ultra. Menurut Google, NotebookLM dirancang khusus sebagai alat bantu untuk menciptakan catatan yang lebih cerdas.

NotebookLM dibangun dengan menggunakan model bahasa Gemini Pro. Alat kecerdasan buatan ini dirancang khusus sebagai solusi buku catatan canggih, memungkinkan pengguna untuk membuat catatan, mengambil kutipan, menyusun rangkuman, kerangka dokumen, dan bahkan panduan belajar berdasarkan respons percakapan dengan pengguna.

Fitur unggulan yang dimiliki NotebookLM adalah Noteboard, di mana pengguna dapat menyimpan respons dari alat kecerdasan buatan ini dan mencari informasi lebih lanjut dari catatan-catatan penting. Semuanya dirancang secara intuitif, memberikan pengalaman membuka catatan seolah-olah membuka buku catatan tradisional.

Selain mengusung model bahasa Gemini Pro, Google juga mengintegrasikannya dengan model bahasa lain seperti PaLM 2, untuk meningkatkan akurasi jawaban yang diberikan oleh alat ini. Ini menandai komitmen Google untuk memberikan informasi yang lebih akurat dan mendalam kepada pengguna.

Hadirnya alat kecerdasan buatan baru ini diyakini dapat memenuhi kebutuhan pengguna. Dikarenakan, jawaban yang diberikan oleh ToolsAI ini menjanjikan referensi yang lebih kaya, didukung oleh jutaan data dalam model bahasa yang digunakan.

Namun, meskipun banyak yang penasaran untuk mencobanya, sayangnya, saat ini layanan ini baru tersedia di Amerika Serikat. Hal ini mungkin mengecewakan bagi pengguna di luar AS yang tertarik untuk merasakan kecanggihan NotebookLM dari Google.


Bagikan artikel ini