Google Bard Advanced, Chatbot dengan Teknologi Gemini Ultra


Ilustrasi Chatbot AI

Ilustrasi Chatbot AI

Google tengah mengembangkan chatbot berteknologi tinggi yang diberi nama Bard Advanced, sebuah versi lebih canggih dari chatbot Bard sebelumnya. Kabar ini tersebar melalui unggahan seorang pengembang bernama Dylan Roussel di akun Twitternya. Menurut Roussel, Bard Advanced akan menggunakan Gemini Ultra, yaitu large language model (LLM) terbaru dari Google.

Gemini Ultra sendiri adalah pembaruan dari LLM yang digunakan pada versi gratis Bard yang menggunakan Gemini Pro. Dari tangkapan layar yang dibagikan oleh Roussel, terlihat bahwa Bard Advanced dilengkapi dengan LLM yang lebih mumpuni, khususnya dalam kemampuan pemikiran matematika yang lebih canggih.

Salah satu fitur tambahan yang ditemukan oleh Roussel adalah Motoko, yang memungkinkan pengguna chatbot membuat bot custom. Meskipun informasi tentang Motoko masih terbatas, seperti kemampuannya dan berapa tarif yang diperlukan untuk mengaksesnya.

Menariknya, fitur serupa juga telah diperkenalkan oleh OpenAI pada tahun 2023 untuk pelanggan GPT Plus, yang memungkinkan pengguna membuat dan membagikan bot custom sesuai kebutuhan mereka.

Bard tidak hanya menghadirkan Bard Advanced, tetapi juga menyertakan fitur power up yang menggunakan kecerdasan buatan (AI) untuk memperluas dan meningkatkan perintah yang dapat diberikan kepada Bard. Roussel juga menyebut adanya bagian "Gallery" yang diduga memungkinkan pengguna mengeksplorasi berbagai topik terkait kemampuan Bard, dikutip dari The Verge, Sabtu (6/1/2024)

Tak hanya itu, perubahan lain yang terjadi di Bard adalah adanya tab task, yang kemungkinan memungkinkan pengguna memantau pekerjaan yang dilakukan oleh Bard, misalnya saat membuat gambar. Hal ini menunjukkan upaya Google untuk memberikan pengalaman pengguna yang lebih interaktif dan terlibat dengan chatbot mereka.

Meskipun informasi tentang ketersediaan resmi fitur-fitur ini masih belum jelas, perubahan yang terlihat pada Bard Advanced menjanjikan sebuah langkah maju dalam pengembangan teknologi chatbot berbayar yang lebih canggih. Sejauh ini, Google belum merilis pernyataan resmi terkait peluncuran ini.


Bagikan artikel ini