GREENS Hadirkan Hyperlocal Metafarming Berbasis AI dan IoT


Internet Of Things

Ilustrasi Internet Of Things

GREENS hadirkan pengalaman kuliner terbaru bagi pelanggan melalui konsep restoran yang digabungkan dengan pertanian multidimensi pertama di dunia (Hyperlocal Metafarming Station). Restoran ini sendiri secara resmi dibuka pada Desember 2022 lalu di Mall Plaza Indonesia Level 5.

Teknologi pertanian canggih dari GREENS ini akan merawat sayuran dan bahan makanan berbasis tumbuhan lainnya secara hyperlocal dengan teknologi GREENS pod. GREENS pod sendiri merupakan sebuah alat khusus yang diciptakan untuk menanam berbagai sumber pangan dengan inovasi teknologi artificial intelligence (AI), blockchain, dan internet of things (IoT).

GREENS pod juga memiliki kecanggihan lain, yaitu dapat mengatur suhu, air, cahata, kelembaban udara, hingga nutrisi tumbuhan secara otomatis sehingga dapat memberikan jaminan kebersihan dan kualitas nutrisi bahan makanan dengan rasa yang lebih segar.

Jenis sayuran yang dirawat dengan GREENS pod dapat dipanen pada usia 9-15 hari, dengan kandungan nutrisi tinggi sebesar 39 kali lebih tinggi dibandingkan dengan sayur yang dirawat secara konvensional.

Co-Founder & Chief Business Officer GREENS Erwin Gunawan pun mengungkapkan bahwa konsumen dapat mengetahui asal usul pangan yang diproduksi hingga kandungan nutrisi dari menu yang mereka santap.

“Setiap menu di GREENS juga telah diracik oleh ahli gizi GREENS untuk dapat memenuhi kebutuhan asupan gizi seimbang harian. Konsumen kedepannya juga dapat menjadi petani secara online-to-offline dengan sistem pertanian multidimensi sehingga setiap lapisan masyarakat dapat memiliki sumber pangan yang cukup dan bergizi seimbang,” jelas Erwin dalam keterangan resminya, melansir dari Tabloid Nova, Jumat (13/1/2023).

GREENS sendiri didirikan dengan komitmen untuk memperbaiki sistem pangan dan memenuhi kebutuhan pangan masyarakat yang berkualitas dan terjaga keamanannya. Restoran GREENS pun menghadirkan ekosistem baru agar masyarakat dapat dengan mudah menjangkau sumber pangan mereka sehingga kedaulatan pangan bagi semua kalangan dapat terwujud.


Bagikan artikel ini