BUMN dan Microsoft Kolaborasi untuk Transformasi Digital


Digitalisasi

Ilustrasi Digitalisasi

Grup BUMN dan Microsoft telah menjalin kemitraan strategis guna mempercepat dan memperluas transformasi digital di ekosistem BUMN. Kementerian BUMN memberikan dukungan penuh terhadap kolaborasi ini, yang akan melibatkan pemanfaatan platform Office 365 di berbagai entitas BUMN dalam Grup BUMN.

Penandatanganan Framework Agreement antara Forum Digital BUMN (FORDIGI BUMN) sebagai wadah koordinasi Grup BUMN di bidang Teknologi dan Informasi dengan Microsoft di Seattle pada Senin, 18 Desember 2023, menjadi langkah awal dalam implementasi kemitraan ini. Acara tersebut disaksikan oleh pihak-pihak terkait, termasuk Ketua Umum FORDIGI BUMN Muhamad Fajrin Rasyid, Director Operations Microsoft Asia Pacific Operation Center Robert Karczewski, Deputi Sumber Daya Manusia, Teknologi, dan Informasi Kementerian BUMN Tedi Bharata, Corporate Vice President & Deputy General Counsel Microsoft Anthony Cook, dan CTO for Data Microsoft Raghu Ramakhrishnan.

Tedi Bharata, Ketua Umum FORDIGI BUMN, menyatakan bahwa kepemimpinan teknologi dan transformasi digital di ekosistem BUMN menjadi landasan utama untuk kemajuan. Dengan Grup BUMN yang memiliki skala besar dan peran sebagai lokomotif pembangunan bangsa, kolaborasi ini diharapkan dapat memastikan bahwa seluruh entitas di dalam Grup BUMN, termasuk anak dan cucu perusahaan di seluruh nusantara, mengalami transformasi digital tanpa terkecuali.

Dalam pernyataannya, Muhamad Fajrin Rasyid mengatakan “Kolaborasi strategis dengan Microsoft ini sejalan dengan komitmen Kementerian BUMN dan upaya FORDIGI BUMN untuk mempererat sinergi dalam Grup BUMN, serta dengan para mitra penyedia solusi teknologi untuk mempercepat dan memperluas transformasi digital di ekosistem BUMN agar menjadi technology leader yang berdaya saing global.”

Kolaborasi ini tidak hanya akan meningkatkan keamanan data melalui penerapan keamanan siber yang lebih baik di lingkungan Grup BUMN, tetapi juga membuka peluang penggunaan kecerdasan buatan (AI) untuk optimalisasi pengelolaan bisnis BUMN. Saat ini, platform Office 365 sudah menjadi tulang punggung produktivitas digital dan modernisasi cara kerja di sejumlah BUMN dan afiliasinya.

Presiden Direktur Microsoft Indonesia Dharma Simorangkir menyatakan kehormatan perusahaan untuk berpartisipasi dalam akselerasi transformasi digital Grup BUMN. Pemanfaatan Office 365 di Grup BUMN diharapkan dapat memungkinkan karyawan bekerja dan berkolaborasi secara efisien dari mana saja, dengan berbagai perangkat, dan dilengkapi dengan lapisan keamanan yang kuat untuk melindungi data karyawan.

Kolaborasi ini menunjukkan komitmen bersama untuk membawa Grup BUMN ke tingkat yang lebih tinggi dalam pemanfaatan teknologi, dengan harapan dapat menciptakan dampak positif yang signifikan dalam ekonomi dan masyarakat Indonesia. Langkah selanjutnya dalam kemitraan ini diantisipasi dapat mencakup bidang lain seperti generative AI dan keamanan cyber, memperkuat posisi Grup BUMN sebagai pelaku utama dalam transformasi digital di Indonesia.


Bagikan artikel ini