HCI Nutanix Menjadi Solusi Terbaru bagi UMKM Indonesia


Nutanix logo

Ilustrasi Nutanix

Hybrid Cloud Infrastructure (HCI) Nutanix siap menjadi solusi terbaru bagi usaha dan Small Medium Enterprise (SME) yang memiliki jumlah cukup besar di Indonesia. HCI Nutanix akan membantu Usaha Mikro Kecil Menengah (UMKM) sebagai solusi dalam ekspansi dan perluasan pelanggan di luar daerah operasionalnya.

HCI Nutanix mendorong kemandirian pengelolaan bagi SME. Ketika perusahaan mendapatkan pelanggan di luar wilayah operasionalnya, Nutanix akan membiarkan perusahaan tersebut mengelola sendiri manajemen perusahaan mereka atau biasa disebut Single Management Control. “Situasi ini berdampak pada personil IT di perusahaan. Usaha kecil dan SME akan membutuhkan karyawan dengan kemampuan berbeda dan baru. Situasi ini merupakan situasi berbeda dari sebelumnya”, ujar Country Manager Nutanix Indonesia, Fetra Syahbana.

Untuk saat ini Nutanix Cluster baru tersedia di AWS dan Microsoft Azure. Nutanix juga baru mengumumkan bahwa kemitraan yang dibangun dengan Microsoft Azure di tingkat enterprise. Kolaborasi selanjutnya akan menghadirkan solusi hybrid dengan aplikasi, data, dan mobilitas lisensi yang mulus serta manajemen terpadu di lingkungan on-premise maupun Microsoft Azure.

Bagi keamanan dan kecepatan, HCI Nutanix menawarkan kinerja 50 persen lebih cepat. Nutanix memajukan arsitektur dari HCI dengan memanfaatkan perkembangan terkini terkait teknologi penyimpanan (storage), yang terdiri dari SSD berbasis NVMe dan Intel Optane SSD. Software HCI dari Nutanix pun ikut mendukung Storage Performance Development Kit (SPDK), yang saat ini dilihat sebagai preview teknologi, yakni open source library yang telah dibentuk oleh Intel, hal ini juga memungkinkan aplikasi mengakses kapasitas NVMe secara langsung, menghindari overhead di level sistem operasi atau kernel.

Dalam menyederhanakan Zero-Trust Security, Nutanix memberikan solusi dengan menghadirkan Flow Security Central yaitu management plane berbasis Software as a Service (SaaS) tersentralisasi, yang memonitor tata kelola, visibilitas jaringan, serta operasional keamanan di private cloud dan public cloud yang dikembangkan oleh Nutanix. Konteks ini dibutuhkan untuk mengamankan jaringan cloud dan aplikasi.