Cegah Kecelakaan, Honda Usung Teknologi Baru Berbasis AI


Ilustrasi Artificial Intelligence

Ilustrasi Artificial Intelligence

Honda terus mengembangkan teknologi keselamatan berkendara di produk-produk terbarunya. Seperti saat ini, produsen kendaraan dari Jepang tersebut memperkenalkan teknologi Advanced Driver Assistance System (ADAS) yang berbasis teknologi artificial intelligence (AI) atau kecerdasan buatan.

Fitur ADAS sendiri menggabungkan standar antarmuka dengan berbagai algoritma berbasis visual, dan bekerja dengan memanfaatkan sistem sensor dan radar pada mobil untuk mendeteksi rintangan yang dilalui saat berkendara.

Sekretaris Umum Gabungan Industri Kendaraan Bermotor Indonesia (Gaikindo) Kukuh Kumara menyampaikan, langkah menghadirkan teknologi ini diambil guna melakukan minimalisir terhadap kecelakaan saat berkendara.

“Terkait dengan ADAS, sebenarnya kita secara bertahap meningkatkan upaya keselamatan berkendara, dan fitur seperti ADAS membutuhkan penyesuaian. Tentunya ketika penyesuaian sudah tepat dan bisa diterima para pelaku industri, maka itu bisa diterapkan,” kata Kukuh dalam keterangannya, melansir dari Tempo Otomotif, Selasa (30/11/2021).

ADAS sendiri merupakan fitur berbasis AI yang akan membantu sensor pada mobil untuk mengidentifikasi objek di jalan, yang kemudian akan memberikan peringatan bagi pengguna untuk menghindari objek tersebut.

Kukuh pun menyampaikan bahwa fitur ADAS ini sejalan dengan visi pemerintah Indonesia untuk mengurangi angka kecelakaan berkendara. Selain itu, ADAS juga disebut dapat mencapai zero Over Dimension Overload (ODOL) yang ditargetkan pemerintah pada 2023 mendatang.

“Tentunya pilihan tersebut [ADAS] bisa sejalan dengan visi Indonesia dan kesadaran masyarakat untuk mendapatkan kendaraan yang mengutamakan keselamatan. Tentu ini bisa dipakai dan menciptakan integrasi,” kata Kukuh.

ADAS pun tidak hanya digunakan untuk meningkatkan keselamatan dalam berkendara, tetapi juga dapat dimanfaatkan untuk mendeteksi kemacetan ataupun gangguan lain yang terjadi. Jika terdeteksi adanya kemacetan atau gangguan, peta digital yang ada pada mobil akan memberikan jalur alternatif.


Bagikan artikel ini