Huawei Cloud Berikan Solusi Cloud Bagi E-Commerce


Transformasi Digital

Transformasi Digital

Huawei resmi membuka gelaran Cloud E-commerce Summit pada tanggal 31 Mei 2023 di Jakarta, mengusung tema “Mendorong Pertumbuhan Baru di Sektor E-Commerce Dengan Huawei Cloud”.
 
Acara ini dihadiri oleh Asosiasi E-Commerce Indonesia (idEA) serta lebih dari 100 perusahaan e-commerce, layanan pembayaran, dan logistik. Dalam acara tersebut, Huawei Cloud bersama mitra-mitranya mengadakan diskusi mendalam seputar topik perkembangan e-commerce di Indonesia di masa depan serta berbagai peluang baru yang dihadirkan oleh teknologi cloud. 
 
Budi Primawan, Wakil Ketua idEA, berbicara tentang perkembangan e-commerce di Indonesia. Ia berpendapat bahwa Indonesia memiliki potensi pasar yang luar biasa besar, didorong oleh jumlah penduduk yang besar dan tingkat pertumbuhan yang tinggi.

Budi yakin bahwa untuk mencapai pertumbuhan yang lebih tinggi, perusahaan-perusahaan e-commerce perlu memanfaatkan teknologi digital cloud untuk mendongkrak daya saing e-commerce dari aspek “orang”, “barang”, dan “saluran”.
 
James Tan, Solution and Sales Director, Huawei Cloud APAC, mengatakan bahwa solusi ecommerce yang dihadirkan Huawei Cloud bertujuan membantu pelanggan di sektor e-commerce mencapai tingkat pertumbuhan baru.
 
"Kami telah membantu Idol Group untuk memperoleh wawasan menyeluruh terhadap kelompok konsumen sehingga mereka dapat meningkatkan efisiensi strategi penjangkauan pelanggan, mendukung Vmall dalam membangun platform yang dinamis, lincah dan elastik guna menciptakan pengalaman pengguna yang fantastis selama periode promosi, serta membantu CARRO mengembangkan sejumlah model inovatif untuk meningkatkan konversi pelanggan."
 
Bryan Tan, Chief Datascientist di Carro Group sekaligus CEO Carro Indonesia, menjelaskan mereka mengembangkan model "160 Point Inspection" berbasis AI Huawei Cloud, yang memangkas waktu proses pendeteksian mutu mobil hingga 80 persen.
 
“Dengan cara ini, kami dapat melakukan inspeksi mobil secara lebih akurat, terotomatisasi sepenuhnya, lebih cepat, menyeluruh, dan lebih profesional."
 
Layanan cloud native dari Huawei Cloud juga telah membantu Sirclo meningkatkan kapabilitas pembangunan situs web omnichannel. Muliadi Jeo, CTO Sirclo mengatakan, berkolaborasi dengan Huawei Cloud untuk mengeksplorasi berbagai inovasi, seperti mesin pencarian generasi terbaru, layanan pelanggan virtual dengan tingkat presisi tinggi, serta AI.
 
Dalam kasus lain, big data e-commerce yang disediakan cloud telah memungkinkan SiCepat menyempurnakan operasi logistik dan meningkatkan efisiensi. SiCepat, yang merupakan salah satu perusahaan logistik ekspres terkemuka di Indonesia, telah merasakan manfaat dari dukungan Huawei Cloud.
 
Reska Donaga, VP of Product, SiCepat Ekspres Indonesia menegaskan, SiCepat berkomitmen untuk menggunakan teknologi digital guna mengoptimalkan pengalaman pengguna dan meningkatkan layanan.
 
"Kami berkomitmen untuk menghadirkan produk yang lebih baik serta mengoptimalkan operasional, pengiriman, dan infrastruktur. Kami ingin menjadi mitra jasa pengiriman nomor satu bagi jutaan UMKM di seluruh Indonesia."
 
Di akhir konferensi, virtual human dari Huawei Cloud, Sara, mengumumkan peluncuran proyek Joint Innovation Camp. Joint Innovation Camp menawarkan sebuah platform untuk eksplorasi berbagai tren dalam industri, berbagi pengalaman manajemen, serta untuk meningkatkan pemahaman teknis.
 
Ke depan, Huawei Cloud mengklaim akan meningkatkan investasi untuk riset dan pengembangan, guna mempertahankan keunggulan inovasinya dalam industri e-commerce, serta akan bekerja sama dengan perusahaan-perusahaan Indonesia untuk mendorong pertumbuhan baru di sektor e-commerce dan mendukung perkembangan industri ecommerce Indonesia secara stabil dan sehat.

Bagikan artikel ini

Berlangganan

Berlangganan newsletter kami dan dapatkan informasi terbaru.

Video Terkait