Huawei Cloud Mendominasi Pasar Cloud Asia Tenggara


Huawei

Huawei

Huawei Cloud, dengan segala keunggulan teknologinya, kini menjadi pemain utama dalam mendukung berbagai sektor industri di Indonesia. Dalam acara Huawei Media Camp 2023 di Sumba Timur, CEO Huawei Indonesia, Long, menyoroti kontribusi positif Huawei Cloud terhadap efisiensi operasional organisasi di seluruh dunia, termasuk Indonesia.

 "Ini merupakan keunggulan utama Huawei Cloud yang telah dinikmati oleh para pengguna di seluruh dunia, termasuk di Indonesia," kata Long di Sumba Timur, Minggu, (10/12/2023).

Dengan data center 3AZ yang terletak di Provinsi Nusa Tenggara Timur, Huawei mengintegrasikan solusi cloud, komputasi tingkat tinggi, penyimpanan, jaringan, dan solusi daya digital yang ramah lingkungan. Industri media menjadi salah satu sektor yang telah merasakan manfaatnya, menunjukkan adaptasi cepat terhadap solusi digital ini.

Menariknya, Huawei Cloud telah mencatat pertumbuhan yang mengesankan, dengan bisnisnya di wilayah Asia Tenggara tumbuh 20 kali lipat dalam empat tahun terakhir. Data dari IDC memperlihatkan Huawei Cloud menempati peringkat ke-4 di pasar cloud public IaaS di Asia Tenggara, menguasai pangsa pasar sebesar 3,5%, yang menjadikannya penyedia cloud asal Tiongkok dengan pangsa pasar terbesar.

Dalam upaya untuk terus memperluas jangkauannya, Huawei Cloud saat ini memiliki Availability Zones (AZs) terbanyak di Asia Tenggara, dengan total 14 AZs di 11 negara. Keberhasilan ini juga tercermin dalam rencananya untuk meluncurkan tiga AZs di Manila, Filipina pada bulan Desember ini. Dengan demikian, Huawei Cloud akan memiliki total 21 pusat data AZs di Asia Tenggara, menjadikannya penyedia layanan cloud dengan jaringan terluas di wilayah tersebut.

Dukungan Huawei Cloud terhadap berbagai sektor seperti industri media, jasa keuangan, energi, pendidikan, layanan kesehatan, dan telekomunikasi di Indonesia telah membuka peluang baru untuk peningkatan efisiensi dan efektivitas operasional. Sebagai penyedia cloud computing  awal dengan pertumbuhan tercepat, Huawei Cloud terus menjadi kekuatan positif dalam mendorong transformasi digital di Indonesia dan sekitarnya.


Bagikan artikel ini