Permudah Pembangunan Ekosistem Digital, Huawei Cloud Resmi Luncurkan Region Indonesia


Huawei

Huawei

Huawei Cloud secara resmi telah meluncurkan dukungan infrastruktur dan solusi cloud computing terbaru untuk Indonesia melalui peluncuran region Indonesia. Dukungan solusi ini diklaim akan memberikan kontribusi terhadap pengembangan ekosistem digital lokal.

Peluncuran region ini dihadiri oleh Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman dan Investasi (Menko Marves) Luhut Binsar Pandjaitan, Kepala Badan Siber dan Sandi Negara (BSSN) Hinsa Siburian, Duta Besar Tiongkok untuk Indonesia Lu Kang, dan Dirjen SDPPI Kemenkominfo Ismail.

“Region Indonesia merupakan hub regional KooVerse, infrastruktur global penyimpanan, komputasi, dan sumber daya jaringan Huawei Cloud,” kata CEO Huawei Indonesia Jacky Chen dalam sambutannya, melansir dari Medcom.id, Senin (28/11/2022).

Area inti yang dicakup oleh region ini akan menikmati latensi rendah kurang dari 20ms. Fondasi cloud lokal juga akan dilengkapi dengan infrastruktur disaster recovery dual-aktif, yang sangat tersedia untuk dapat mendukung percepatan inovasi industri.

Hal tersebut hadir untuk memastikan pengalaman pengguna premium dengan multimedia secara real-time. Kehadiran Huawei Cloud Region Indonesia juga akan memberikan dorongan pesat terhadap ekosistem digital Tanah Air.

“Pusat data lokal berbasis cloud terbaru Huawei akan menyediakan platform untuk pengembangan ekosistem digital lokal serta mempercepat pertumbuhan ekonomi digital. Ini merupakan strategi penting untuk mencapai visi nasional Indonesia Emas 2045,” kata Menko Marves Luhut Binsar Pandjaitan.

Huawei pun berkomitmen untuk membantu pemerintah dan perusahaan Indonesia melakukan proses digitalisasi. Perusahaan kemudian menjanjukan investasi USD300 juta dalam lima tahun mendatang guna mendukung infrastruktur cloud lokal.

Selain itu, Huawei juga akan menjalin kerja sama dengan 1.000 mitra di Indonesia guna mengembangkan solusi lokal untuk teknologi dan kesuksesan bersama, termasuk untuk pengembangan talenta lokal dan penyediaan lapangan kerja sesuai dengan keahlian.


Bagikan artikel ini