Huawei IdeaHub, Whiteboard Pintar untuk Mendukung WFH


Huawei

Huawei

Pandemi COVID-19 yang saat ini tengah merebak mendorong para pekerja kantoran untuk melaksanakan work from home (WFH) atau bekerja dari rumah. Sistem kerja ini diperkirakan akan berlangsung hingga waktu yang belum bisa ditentukan.

Selama melakukan WFH ini, ruang kerja yang biasa digunakan karyawan untuk berinteraksi telah berubah menjadi ruang kerja virtual. Hal ini berarti segala aktivitas pekerjaan seperti berbagai pertemuan kantor dilaksanakan secara daring.

Mendukung aktivitas kantor yang dilakukan secara daring, teknologi digital menjadi solusi untuk menjalankan bisnis. Teknologi digital yang digunakan pun dapat mendukung komunikasi internal perusahaan agar distribusi pekerjaan serta kebijakan perusahaan dapat dilaksanakan dengan baik.

Huawei secara resmi meluncurkan perangkat IdeaHub seri terbaru untuk mendukung WFH. Huawei IdeaHub ini adalah smart whiteboard atau papan tulis pintar yang bisa mendukung berbagai skenario ekosistem ruang kantor cerdas atau smart office.

Huawei IdeaHub menjadi solusi teknologi digital yang cocok untuk digunakan berbagai institusi di masa pandemi sekarang ini. Hal ini karena perangkat cerdas tersebut diluncurkan Huawei untuk meningkatkan efektivitas dan efisiensi sistem kerja kolaborasi secara jarak jauh.

Huawei menyematkan beragam fungsi murakhir pada perangkat ini, di antaranya adalah kolaborasi multilayar antarperangkat, papan tulis interaktif, kolaborasi presentasi jarak jauh, serta konferensi video. Fungsi mutakhir ini juga dibekali dengan kualitas tampilan layar full HD serta terintegrasi dengan Huawei AppGallery.

Produk whiteboard pintar sebelumnya telah banyak beredar di pasaran, namun Huawei IdeaHub memiliki spesifikasi serta keunggulan yang mumpuni di kelasnya. Huawei IdeaHub memiliki berbagai keunggulan yang membedakannya dengan whiteboard pintar lain. 

Pertama, Huawei IdeaHub memiliki kualitas video yang mumpuni. Kualitas video yang baik penting untuk mendukung komunikasi jarak jauh secara virtual. Huawei IdeaHub mendukung kebutuhan itu dengan fitur video conference berbasis cloud.

Melalui fitur tersebut, IdeaHub tidak memerlukan hardware eksternal untuk menghasilkan kualitas video conference full HD beresolusi 1080p 30 fps. Resolusi serta kecepatan frame besar ini akan membuat tampilan video semakin jernih.

Karyawan pun tidak perlu mengkhawatirkan video yang tersendat saat melakukan rapat virtual. Huawei IdeaHub didukung prosesor i7 quad-core 8-thread yang membuat aktivitas rapat virtual semakin lancar.

Pada keunggulan kedua, Huawei IdeaHub berfungsi sebagai proyektor sekaligus whiteboard atau papan tulis. Presentasi secara virtual dapat dilakukan dengan mudah, terutama dengan Huawei IdeaHub yang menyediakan lima mode sekaligus, yakni wired, app, projector, NFC, dan reverse control.

Huawei IdeaHub juga menawarkan teknologi pemutaran video dengan spesifikasi tertinggi di kelasnya. Hal ini karena IdeaHub didukung layar beresolusi 1080p 60 fps dan kemampuan berbagi layar dengan kualitas video 4K ultra-HD.

Memaksimalkan fungsinya sebagai papan tulis pintar, Huawei IdeaHub juga disertai dengan layar sentuh yang memiliki sensitivitas tinggi. Menulis di papan tulis ini akan terasa seperti menulis di atas kertas. Hal ini berkat tingkat latensi layar hingga 35 milliseconds (ms).

Huawei IdeaHub memiliki keunggulan untuk kemampuan kolaborasi. Dua orang dapat melakukan presentasi secara bersamaan melalui perangkat IdeaHub. Maka dari itu, jarak dan kendala komunikasi tidak lagi menjadi penghalang saat WFH.

Huawei IdeaHub juga dilengkapi dengan teknologi Artificial Intelligence (AI). Teknologi yang tersemat pada server perangkat ini dapat membantu untuk menafsirkan data dengan benar. Huawei juga memberikan kamera cerdas dengan basis AI ini untuk melcacak dan mengenali wajah.

Teknologi AI pada Huawei IdeaHub juga dapat menyeleksi kebisingan sehingga kualitas suara yang dihasilkan pun bisa jernih. Seleksi kebisingan dilakukan tenologi Ai ini dengan memblokir suara bising di area sekitar perangkat menggunakan algoritma eksklusif yang dikembangkan Huawei 2012 Laboratories.

Huawei menyediakan full-stack AI yang dapat mencakup semua skenario, mulai dari bottom-layer chips hingga layanan cloud. Teknologi AI pada Huawei IdeaHub ini pun akan terus dikembangkan di masa mendatang.

Perangkat whiteboard pintar ini juga dapat menjembatani kolaborasi antardepartemen tanpa harus keluar dari rumah. Hal ini didukung dengan Huawei AppGallery yang menyediakan berbagai aplikasi untuk memudahkan pekerjaan tanpa harus bertemu langsung.

Huawei IdeaHub pun mudah diaplikasikan, bisa digunakan di ruang kerja, ruang rapat bahkan di rumah dengan sandaran beroda atau ditempel ke dinding.

Perangkat pintar ini bisa dijadikan pilihan populer untuk konsep ruang kerja cerdas atau smart office di era 4.0 saat ini. Perangkat ini juga menjadi awal untuk inovasi tradisional ke arah yang lebih digital.

Informasi lebih lengkap mengenai Huawei IdeaHub dapat dilihat melalui laman resmi Huawei, yaitu rebrand.ly/ideahub-id.


Bagikan artikel ini