IBM Pacu Cloud Computing dan AI di Indonesia

  • 05 Agt 2019 20.40 WIB

IBM Office

IBM Indonesia menggelar acara Digital Transformasi Summit 2019 di Jakarta. Acara itu bertujuan untuk berbagi wawasan dalam meningkatkan bisnis para pelanggan dengan menggunakan Cloud Computing dan Artificial Intelligence (AI).

"Cloud Computing dan AI adalah masa depan. Tidak bisa kalau tidak pakai Cloud dan AI," ujar Country Manager Cloud and Solutions IBM Indonesia, Lianna Susanto.

Penggunaan layanan Cloud Computing di Indonesia terus berkembang, namun Liana juga menyampaikan bahwa masih ada perusahaan yang  ragu untuk menggunakan Cloud Computing. Salah satu alasannya karena belum ada regulasi yang pasti mengenai penggunaan layanan ini khususnya untuk layanan Public Cloud. Namun menurutnya masalah ini bukan hanya terjadi di Indonesia. 

Sebelumnya IBM telah mengakusisi perusahaan open source Linux, Red Hat sebesar 34 miliar dolar AS (kurang lebih sekitar Rp. 517 triliun). Akusisi ini merupakan salah satu akusisi terbesar perusahaan teknologi. Akusisi ini merupakan upaya perusahaan untuk memperkuat posisi dalam layanan Hybrid Cloud. 

"Platform multicloud hybrid IBM akan menciptakan lingkungan operasional yang aman serta tidak bergantung kepada infrastruktur perusahaan," ujar Lianna