Identity360, Platform ManageEgine Berbasis Cloud-native


Cyber Security

Ilustrasi Cyber Security

Perusahaan manajemen TI bagian dari Zoho Corporation, ManageEngine mengumumkan peluncuran Identity360, platform pengelolaan identitas cloud-native yang mengatasi kompleksitas manajemen identitas dan akses (IAM) di kalangan karyawan perusahaan.

ManageEngine juga mengumumkan penambahan fungsi sertifikasi akses dan penilaian risiko identitas ke ADManager Plus, yang merupakan solusi tata kelola dan administrasi identitas (identity governance and administration-IGA) lokalnya. Kedua fungsi ini meningkatkan level kepatuhan perusahaan dan membantu mereka memitigasi risiko keamanan.

Karyawan, yang merupakan bagian integral dari suatu perusahaan, terus berkembang secara digital, mengadopsi berbagai teknologi untuk membuat pekerjaan lebih mudah dan cepat. Akibatnya, perhatian terhadap identitas menjadi lebih besar dibandingkan saat ini.

Ketika perusahaan menginginkan mobilitas tenaga kerja namun dengan tetap mengedepankan keamanan digital, maka menjadi penting untuk menangani kompleksitas identitas secara efektif dan memastikan kepatuhan terhadap peraturan, sambil memprioritaskan pengalaman pengguna yang lancar.

ManageEngine ingin memenuhi kebutuhan karyawan tersebut dengan peluncuran Identity360. Sebuah platform terpusat yang mengintegrasikan direktori dan aplikasi untuk menyederhanakan pengelolaan identitas pengguna, Identity360 dapat menerapkan kontrol akses di seluruh entitas yang terintegrasi, pengelolaan siklus hidup identitas secara menyeluruh melalui penyelarasan alur kerja sekaligus memberdayakan organisasi agar dapat mengoptimalkan proses bisnis mereka.

Menurut Wakil Presiden ManageEngine, Manikandan Thangaraj, organisasi, terlepas dari infrastruktur dan ukurannya, biasanya menghadapi tantangan keamanan identitas dan pengelolaannya. "Identity360 dapat membantu mereka bertransisi ke cloud dengan aman dan mengelola identitas serta akses mereka ke aplikasi secara efektif, sekaligus menerapkan kontrol keamanan yang kuat," kata Thangaraj seperti dikutip Indotelko, Senin.

Dengan lanskap keamanan yang terus berubah dan organisasi diharuskan menunjukkan kepatuhan mereka terhadap mandat utama teknologi informasi TI utama, ManageEngine telah mengintegrasikan sertifikasi akses dan kemampuan penilaian risiko identitas di ADManager Plus. Fitur-fitur ini memberdayakan organisasi untuk menyelaraskan keamanan dan kebutuhan bisnis mereka.

Fitur penilaian risiko identitas di ADManager Plus meningkatkan kesiapan keamanan digital dengan memperkirakan risiko yang mungkin terjadi dan menyediakan langkah-langkah mitigasi untuk mengatasinya.

Adanya sertifikasi akses memastikan pengguna hanya memiliki hak yang diperlukan untuk melakukan pekerjaan mereka, membantu organisasi menerapkan pemisahan tugas dan prinsip hak istimewa paling rendah, serta menunjukkan kepatuhan terhadap mandat TI.

Ditambahkan Thangaraj, jika menyangkut Active Directory, penyebab utama serangan digital biasanya terkait kesalahan konfigurasi keamanan dan penyalahgunaan hak istimewa. "Menerapkan langkah-langkah tegas seperti penilaian risiko dan kampanye sertifikasi akses dapat meningkatkan keamanan Active Directory, menyederhanakan proses audit, dan memastikan kepatuhan," jelasnya.


Bagikan artikel ini