Igloo Luncurkan Ignite Platform Digital Berbasis AI


Artificial Intelligence

Ilustrasi Artificial Intelligence

Perusahaan insurance technology (insurtech) Igloo luncurkan platform berbasis teknologi artificial intelligence (AI) atau kecerdasan buatan, yaitu Ignite. Platform ini diklaim dapat mendukung peningkatan produktivitas mitra agen asuransi dan penjualan, serta mempercepat proses penjualan menjadi lebih sederhana, efektif, serta efisien.

Ignite menawarkan berbagai produk asuransi dalam satu platform digital, yang kemudian mempermudah mitra untuk membandingkan produk, meningkatkan pengalaman pelanggan, hingga memberikan penawaran produk yang sesuai dengan kebutuhan konsumen.

Indonesia sendiri menjadi target peluncuran kedua Igloo untuk platform Ignite setelah sukses diluncurkan di Vietnam. Ignite diklaim dapat menawarkan kemudahan penjualan produk asuransi hingga memberikan keuntungan bagi mitra yang ingin menawarkan solusi perlindungan bagi pelanggannya.

Regional Head Intermediary Platform Services Igloo Amitabh Singh mengungkapkan, bahwa Indonesia memiliki peluang besar untuk dapat meningkatkan penetrasi asuransi melalui kanal distribusi baru. Hal ini pun dilakukan di tengah kemajuan ekonomi digital serta kelas pelanggan yang bertumbuh dengan cepat.

“Melihat momentum yang diperoleh Ignite di Vietnam, kami percaya Indonesia juga akan menerima keuntungan signifikan dari platform ini,” kata Amitabh Singh dalam keterangannya, melansir dari Medcom.id, Rabu (31/8/2022).

Ignite hadir untuk mengurangi dokumen dari mitra penjualan asuransi, mendukung produktivitas mereka dengan menyatukan data penjualan dan pelanggan di satu tempat. Beberapa keuntungan yang dapat diperoleh melalui penggunaan platform ini adalah pembaharuan data pelanggan yang dilakukan real time, pemberitahuan mengenai klaim, penyelesaian, serta pembaruan polis.

Selain itu, terdapat pula fitur analisis dan manajemen data penjualan untuk dapat mempercepat laporan manual tim dan penjual asuransi, untuk kemudian mengirim komisi langsung ke rekening bank pribadi mereka. Ignite juga menghadirkan fitur FastQuote yang dapat mempersingkat alur pembelian dengan menghitung premi dan menciptakan penawaran harga dalam sekejap.

Platform Ignite saat ini menawarkan asuransi motor dan kecelakaan diri dengan delapan perusahaan asuransi, yaitu Tugu, Takaful Umum, TOB, Sompo, Sinarmas, Malacca Trust Insurance, Lippo Insurance, dan Zurich Insurance.

Ignite kedepannya akan mengintegrasikan lebih banyak produk asuransi, seperti untuk travel dan properti yang akan dilakukan dalam waktu dekat. Ignite pun hingga saat ini telah digunakan oleh lebih dari 1.000 mitra penjual di Indonesia untuk dapat memaksimalkan performa dan mengembangkan jaringan.

“Ada kebutuhan mendesak untuk mempersingkat proses penjualan dan memberikan efisiensi serta kemudahan yang lebih untuk para perantara. Ke depannya, kami juga berencana untuk menghadirkan Ignite di pasar lainnya di Asia Tenggara,” kata Co-Founder & CEO Igloo, Raunak Mehta.

Igloo pun terus mendorong potensi bisnis asuransi di Asia Tenggara yang didukung dengan perkembangan ekonomi digital yang masif pula. Igloo juga telah memfasilitasi lebih dari 200 juta polis di Asia Tenggara, dan berencana untuk memperluas solusi proteksi ke lebih banyak sektor.


Bagikan artikel ini