Implementasi Keamanan Data Rekam Medis Elektronik


Workshop Implementasi Keamanan Data Rekam Medis Elektronik

Workshop Implementasi Keamanan Data Rekam Medis Elektronik

Sesuai Peraturan Menteri Kesehatan No. 24 tahun 2022, fasilitas kesehatan memiliki batas waktu hingga 31 Desember 2023 untuk beralih ke sistem rekam medis elektronik. Workshop “Implementasi Keamanan Data Rekam Medis Elektronik" ini menekankan pentingnya keamanan dan kerahasiaan data dalam penerapan rekam medis elektronik, sesuai dengan perkembangan ilmu pengetahuan dan teknologi. 

Dalam konteks hukum, rekam medis dianggap sebagai data pribadi spesifik yang memerlukan tingkat keamanan tinggi. Mengacu pada UU No. 27 Tahun tentang Perlindungan Data Pribadi. Johan Ardika, Sandiman Pertama di BSSN, menyoroti ancaman serangan siber yang meningkat pada tahun 2023, terutama melalui metode phishing attack, malware & ransomware, encryption blind spots, dan ancaman dari internal, seperti pegawai.

“Terkait dengan pentingnya data pribadi dalam hal ini RME, perlu dilakukan pengamanan dan  salah satu pengamannya adalah kita dapat melakukan pemantauan atau monitoring, dan deteksi. Dengan begitu kita dapat meminimalisasi potensi serangan,dan dapat dilakukan upaya preventif untuk melindungi data dengan manajemen Log.” jelas Johan Ardika, Kamis (21/12/2023).

Menyoroti beberapa aspek krusial dalam keamanan data, termasuk kerahasiaan, kebutuhan, dan ketersediaan. Metode seperti enkripsi, encode, hash, sertifikasi elektronik, penyimpanan akses, serta pemantauan dan analisis rutin diidentifikasi sebagai langkah-langkah untuk keamanan data.

Dalam keamanan siber, manajemen log menjadi penting untuk mendeteksi aktivitas mencurigakan. Johan memberikan contoh penggunaan Open Source, seperti elastic, dalam mengelola log untuk mengidentifikasi, mengumpulkan, menganalisis, dan menyimpan data relevan dari berbagai sumber.

Agyl Ryan Pradipta dari Central Data Technology Dynatrace memaparkan bahwa dalam pengaplikasian Rekam Medis Elektronik yang perlu diperhatikan adalah bagaimana keamanannya, user experience, data collect, security, dan bagaimana bisa meng automated detection problem. Oleh karena itu, Dynatrace memperkenalkan solusi terkini dengan menggunakan platform intelligent dynatrace. Platform ini tidak hanya memastikan keamanan infrastruktur dan monitoring, tetapi juga secara otomatis menggabungkan semua aspek layanan untuk mendeteksi kesalahan atau kerentanan.

Workshop ini memberikan wawasan tentang perlunya identifikasi, klasifikasi, dan pemantauan log secara konsisten untuk menghadapi tantangan keamanan data rekam medis elektronik di era digital.


Bagikan artikel ini