Indodax Gandeng Blockchain Zoo Bangun Infrastruktur Blockchain


Logo Indodax

Logo Indodax

 

Indodax bekerja sama dengan perusahaan multinasional Blockchain Zoo untuk melayani blockchain consulting dalam penerapan sistem blockchain dengan eksklusif agar dapat menjangkau pasar Indonesia. Indodax merupakan perusahaan berbasis teknologi yang bersektor di jual beli aset digital terbesar di Indonesia atau Indonesia bitcoin & crypto exchanges. 

CEO Indodax, Oscar Darmawan menjelaskan jasa blockchain consulting bertujuan untuk mempercepat perkembangan infrastruktur jaringan blockchain di Indonesia agar tidak ketinggalan dari negara lainnya.

"Kita menghadirkan layanan jasa blockchain consulting untuk setup dan mempercepat infrastruktur blockchain di Indonesia," ujar Oscar dalam siaran pers, Selasa (4/8/2020).

Oscar Darmawan mengatakan, salah satu tujuan berdirinya Indodax adalah untuk memperkenalkan sistem blockchain di Indonesia. Oscar menjelaskan di era digitalisasi atau revolusi industri 4.0, Indonesia memerlukan efisiensi dan transparansi. Penerapaan tersebut sejalan dengan penerapan blockchain yang diklaimnya dapat efisien dan transparan.

"Karena blockchain merupakan sistem yang tidak terpusat atau desentralized, teknologi ini menurutnya juga mampu dalam menjawab tantangan-tantangan dari berbagai aspek kehidupan. Blockchain menerapkan tingkat keamanan yang tinggi, ramah lingkungan, minim biaya, dan menghasilkan keuntungan dengan cepat," ujar Oscar.

Oscar mengatakan dalam beberapa tahun terakhir, industri blockchain terus mengalami peningkatan secara signifikan. Industri ini pun menjadi salah satu pilihan menarik untuk dikembangkan di Indonesia.

"Setiap harinya semakin banyak masyarakat terutama kelas sosial menengah dan anak muda yang melek tentang blockchain. Bahkan, sebagian di antara mereka sudah merasakan kemutakhiran teknologi blockchain di dalam kehidupan sehari-hari," ungkap Oscar.

Blockchain telah digunakan di berbagai sektor, salah satunya di sektor publik teknologi peer to peer, dimana telah berhasil memudahkan aktivitas pencatatan indentitas, aset berharga, data kesehatan, dan faktur pajak. Selanjutnya di sektor keuangan, blockchain juga turut membantu masyarakat dalam mempercepat kegiatan audit, investasi aset digital, pembayaran lintas negara dan pembuatan kontrak pintar.

"Salah satu kehebatan blockchain adalah kita dapat mengirimkan data apa pun tanpa perlu bergantung pada satu server. Solusi cerdas atau multi aplikasi melalui blockchain ini memang dinilai mampu mendorong kesejahteraan sosial masyarakat. Misalnya, muncul peluang-peluang baru bagi para pelaku usaha dimana mereka mulai giat mendirikan lapangan pekerjaan yang jauh lebih menjanjikan dan menguntungkan," ujar Oscar.

Menurut Oscar, dengan menggunakan teknologi blockchain bukan berarti menggantikan sistem yang telah ada atau berjalan. Blockchain hadir untuk melengkapi sistem yang telah berjalan. Blockchain bukanlah suatu momok yang ditakuti bagi dunia industri atau pihak yang terkait.

"Maka daripada itu, momentum dan eksistensi ekosistem digital yang sudah terbentuk harus selalu kita jaga," jelasnya.

Indodax siap berkomitmen sebagai pionir yang terus giat mengedukasi masyarakat mengenai penerapan blockchain di Indonesia, seperti apa yang mereka lakukan selama beberapa tahun terakhir.

“Bahkan, edukasi dan sosialisasi mengenai blockchain akan terus kita lakukan untuk keberlangsungan blockchain dan meningkatkan pemahaman masyarakat. Sehingga pemahaman orang-orang semakin meningkat,” kata Oscar Darmawan.

Sementara CEO Blockchain Zoo, Roberto Capodieci mengungkapkan Blockchain Zoo terdiri dari beberapa pakar ternama di dunia tentang sistem dan blockchain yang terdesentralisasi. Dengan pengalaman bertahun-tahun dalam mengimplementasikan solusi blockchain khusus agar sesuai dengan model bisnis tertentu, dan berkonsultasi dengan para stake holder di seluruh dunia.

"Kami telah membangun pengetahuan mendalam tentang berbagai teknologi blockchain dan yang paling penting pendekatan tentang bagaimana menerapkan teknologi blockchain ke berbagai model bisnis para pelaku yang membutuhkan," jelas Roberto.

Tag Terkait
Berita Blockchain

Bagikan artikel ini