Indonesia-Bulgaria Diskusikan Kerja Sama di Sektor Digital


Transformasi Digital

Transformasi Digital

Menteri Komunikasi dan Informatika (Menkominfo) Johnny G. Plate beberapa waktu lalu melakukan pertemuan dengan Duta Besar Bulgaria untuk Indonesia, Petar Andonov dalam rangka mendiskusikan potensi kerja sama di bidang digital antara Indonesia dan Bulgaria.

Pada konferensi pers yang dilaksanakan di Kantor Menkominfo, Senin (27/6/2022), Johnny menjelaskan bahwa kerja sama ini akan meliputi riset dan pengembangan di bidang digital bagi kedua negara.

Hal ini terutama dengan bidang keamanan siber atau cyber security yang menjadi fokus pembahasan antara Menkominfo dan Duta Besar Bulgaria untuk Indonesia. Potensi kerja sama, baik dalam kerja sama bilateral maupun melalui susunan lainnya bisa memperkuat ruang digital antar Indonesia dan Bulgaria.

Potensi kerja sama ini juga bisa menjadi kesempatan baik untuk kedua negara dapat menciptakan ruang digital yang aman bagi masyarakat, sekaligus mencegah ancaman kejahatan siber yang terus terjadi di berbagai negara dalam beberapa waktu terakhir ini.

“Kami tentu sangat menyambut kerja sama ini, baik secara bilateral maupun menjadikan Bulgaria sebagai pintu masuk ke dalam Uni Eropa. Ekonomi digital Indonesia juga memiliki pertumbuhan yang sangat tinggi, ini tentunya dapat menarik dunia bisnis dan sektor digital di Bulgaria,” tutur Johnny.

Johnny pun menambahkan, bahwa Indonesia membuka ruang yang luas untuk potensi kerja sama dengan terus memprioritaskan manajemen yang baik dan berhasil terhadap ruang digital. Hal ini untuk mendukung perkembangan sektor digital itu sendiri.

Sementara Petar Andonov menuturkan, bahwa Bulgaria memiliki pandangan positif dalam diskusi potensi kerja sama dengan Indonesia. Bulgaria sendiri sebagai rumah untuk inovasi digital, teknologi, dan informasi membuka diri untuk menjalin kerja sama dengan Indonesia. Kerja sama ini pun tidak hanya bisa dijalin antar pemangku kepentingan, tetapi juga antar bisnis seperti start up ataupun perusahaan teknologi.

“Indonesia dan Bulgaria bisa menjalin kerja sama di berbagai area, termasuk dalam riset dan pengembangan, pertukaran pengalaman, serta pertukaran dalam hal digitalisasi dan cyber security di masa depan,” kata Petar Andonov.

Menkominfo sebelumnya juga telah melakukan pertemuan dan diskusi dengan Menteri Dalam Negeri dan Keamanan Korea Selatan, Lee Sang Min untuk mendiskusikan kerja sama dalam mengembangkan data center nasional. Hal ini guna mendukung digitalisasi secara maksimal di Indonesia.


Bagikan artikel ini