Indonesia Punya Potensi Sebagai Pasar Layanan Cloud Computing


Cloud Computing

Cloud Computing

Indonesia disebut memiliki potensi sebagai pasar untuk teknologi komputasi awan atau cloud computing. Sektor cloud computing ini sendiri terus mengalami pertumbuhan dan perkembangan yang pesat.

“Mengingat transformasi digital dan juga revolusi industri yang semakin berkembang sekarang ini, banyak perusahaan di Indonesia telah beralih menggunakan teknologi cloud,” kata CEO ViBiCloud Alfonsus Bram dalam siaran pers, Sabtu (1/10/2022).

Teknologi komputasi awan atau cloud computing sendiri dianggap mampu untuk bersaing dan memiliki banyak solusi alternatif dan inovatif bagi perkembangan bisnis kedepannya. Perusahaan dapat memperoleh banyak kemudahan dari layanan-layanan yang tersedia di cloud.

Tren cloud computing di Indonesia juga mencatatkan peningkatan yang signifikan dari tahun ke tahun. Cloud computing di Indonesia mengalami peningkatan sebesar 48 persen dalam lima tahun terakhir, yang merupakan angka yang jauh di atas peningkatan tahunan di dunia.

“Teknologi cloud computing yang terus bertumbuh menjadikan teknologi ini banyak diadopsi, dan menjadi salah satu tulang punggung untuk infrastruktur sebuah bisnis,” tutur Alfonsus.

Perkembangan pesat ini juga membuat banyak bisnis lokal mengadopsi cloud dengan cepat. Pemerintah Indonesia pun berada di garis terdepan untuk pengembangan teknologi cloud dan visualisasi ini.

Sementara managed cloud service yang merupakan layanan cloud untuk mengoptimalkan penggunaan dari cloud itu sendiri juga dianggap penting. Layanan ini memungkinkan pengelolaan yang efektif, diantaranya untuk pengelolaan komputasi, storage, jaringan, sistem operasi, serta infrastruktur IT lainnya.

Selain itu, terdapat tiga jenis layanan cloud untuk menjalankan teknologi cloud, serta tumpuan untuk memilih jenis layanan cloud. Layanan tersebut antara lain adalah infrastructure-as-a-service (IaaS), software-as-a-service (SaaS), dan platform-as-a-service (PaaS).

Managed cloud service kemudian akan menjadi sangat penting bagi perusahaan yang ingin meningkatkan infrastruktur digital mereka dengan cloud. Perusahaan pun dapat melakukan pembaruan secara otomatis terhadap infrastruktur digital yang mereka inginkan melalui managed cloud services ini.

Salah satu penyedia solusi managed cloud services di Indonesia, ViBiCloud sendiri baru saja meraih penghargaan sebagai New Market Public Sector Partner of The Year 2022 dari Amazon Web Services (AWS) pada acara ASEAN 2022 AWS Partners of The Year.

“Tahun ini, mereka telah mempercepat inovasi mereka di bidang spesialis baru dan mempercepat pengembangan talenta cloud untuk memecahkan tantangan pelanggan dengan baik,” kata Partners Sales Leader ASEAN di AWS, Kirsten Gilbertson.

Pemanfaatan cloud computing atau komputasi awan pun menjadi hal yang penting untuk diperhatikan sebagai salah satu teknologi industri 4.0. Cloud harapannya juga dapat mendorong perkembangan ekonomi digital di Indonesia.


Bagikan artikel ini