Indosat Bersama Google Cloud, Perkenalkan Paket UMKM Super Combo


UMKM Digital

Ilustrasi UMKM Digital

Indosat Ooredoo Hutchison (IOH) jalin kolaborasi dengan Google Cloud memperkenalkan paket UMKM Super Combo. Hal ini dilakukan sebagai bagian dari misi IOH untuk dapat menghadirkan pengalaman digital kelas dunia yang menghubungkan serta memberdayakan masyarakat Indonesia.

Paket ini diperkenalkan untuk dapat mendorong peningkatan produktivitas usaha mikro, kecil, dan menengah (UMKM) serta memungkinkan mereka untuk dapat secara kreatif memasarkan produk mereka ke pasar yang sesuai. Paket ini pun hadir dengan tarif yang terjangkau, terdiri atas paket Produktivitas Bisnis dan paket SMS Promosi.

Pada paket Produktivitas Bisnis, UMKM dapat mengakses layanan dari Google berupa Google Workspace, Meet Team Pro, serta Mobile Postpaid dengan kuota besar. Sementara dengan paket SMS Promosi, UMKM dapat memanfaatkan pemasaran berbasis lokasi untuk melibatkan target pelanggan melalui SMS dengan konten relevan.

Google Workspace yang dibangun di atas platform komunikasi dan kolaborasi pada cloud-native Google Cloud yang terdepan di industri kemudian dapat menyatukan aplikasi yang diperlukan perusahaan pada umumnya, seperti Gmail, Calendar, Drive, Docs, dan lainnya ke dalam satu ruang kerja yang terintegrasi.

President Director & CEO Indosat Ooredoo Hutchison Vikram Sinha menyampaikan, bahwa didukung dengan konektivitas terbaik di kelasnya dari IOH, serta rangkaian alat produktivitas dari kolaborasi Google Cloud, didukung pula dengan kemampuan keterlibatan konsumen yang ditargetkan, pihaknya terus berupaya untuk memperkuat daya saing UMKM di Indonesia.

“IOH berkomitmen untuk terus menyediakan lebih banyak produk dan layanan telekomunikasi digital yang memungkinkan para pelaku UMKM mengembangkan bisnis mereka dan berkontribusi pada perekonomian Indonesia,” kata Vikram dalam keterangan resminya, melansir dari Investor.id, Senin (5/9/2022).

Paket UMKM Super Combo merupakan bagian dari ekosistem One Stop Digital Business dari IOH, yaitu sebuah platform digital yang dapat menghubungkan serta memberdayakan berbagai skala perusahaan, termasuk bagi UMKM di Indonesia.

Sementara Vice President Google Cloud Asia Pasifik Karan Bajwa menyebutkan, bahwa upaya untuk mendukung pertumbuhan UMKM akan menjadi pendorong penting dalam perkembangan ekonomi masa depan Indonesia.

“Inilah alasan mengapa kami berkolaborasi sangat erat dengan IOH untuk membangun dan menghadirkan ke pasar, inovasi berbasis cloud computing yang dapat diskalakan,” kata Karan.

Inovasi ini disebut Karan juga akan memberdayakan UMKM dalam memfasilitasi lebih banyak karyawan, serta memberikan produk dan layanan yang sesuai dengan kebutuhan dari target pelanggan mereka.

Paket UMKM Super Combo kemudian menandakan perkembangan dan tonggak penting lainnya dalam kolaborasi yang dijalin antara IOH dengan Google Cloud sejak 2021 lalu. Kolaborasi ini pun bertujuan untuk mempercepat transformasi digital di Indonesia, baik dari sisi konsumen maupun korporasi.


Bagikan artikel ini