Indosat Ooredoo Gandeng CISCO untuk Optimalisasi Cloud


Indosat Ooredoo

Logo Indosat Ooredoo

Indosat Ooredoo Hutchison jalin kerja sama dengan CISCO untuk hadirkan solusi konektivitas aman dan sederhana bagi pelaku bisnis dari semua level beserta pelanggannya. Keduanya pun berkomitmen untuk mewujudkan perusahaan telekomunikasi digital yang paling dipilih di Indonesia.

Chief Business Officer Indosat Ooredoo Hutchison Bayu Hanantasena menyampaikan, bahwa pihaknya berupaya untuk menghadirkan solusi Software Defined-Wide Area Networking (SD-WAN) yang inovatif dengan dukungan CISCO.

Solusi SD-WAN yang diupayakan tersebut nantinya dapat mendukung koneksi pengguna menjadi lancar di berbagai platform cloud serta melakukan optimalisasi terhadap performa operasional.

“Hal ini juga sejalan dengan misi Indosat Ooredoo Hutchison untuk menghadirkan pengalaman digital kelas dunia, menghubungkan, dan memberdayakan masyarakat Indonesia,” jelas Bayu dalam keterangan resminya, melansir dari Lensaindonesia.com, Jumat (4/2/2022).

Bayu juga menambahkan bahwa pelanggan bisnis Indosat Ooredoo Hutchison kini bisa memanfaatkan Managed SD-WAN untuk dapat menyederhanakan operasional jaringannya, yang dilakukan melalui kendali sistem manajemen terpusat, keamanan terintegrasi, konektivitas yang andal, serta biaya yang lebih murah.

Bayu menjelaskan pula bahwa dengan kehadiran solusi konektivitas berbasis cloud, Managed SD-WAN memberikan layanan one stop solution untuk dapat menghubungkan pusat data, kantor cabang, kampus, hingga fasilitas kolokasi untuk meningkatkan kecepatan, keamanan, serta efisiensi jaringan.

“Hal ini memungkinkan pengguna bisa mengakses aplikasi bisnis secara optimal dan aman atas pengalaman digital mereka baik di cloud maupun berbasis on-premise di mana pun mereka berada,” kata Bayu.

Menurut Bayu, dunia bisnis hybrid dan hyper-connected saat ini sangat bergantung pada konektivitas dibandingkan sebelumnya. Kondisi ini pun dinilai cukup menantang bagi pelaku bisnis guna menghubungkan para pengguna yang menggunakan beragam perangkat dan lokasi yang berbeda di lingkungan yang multi-cloud.

Perkembangan ekonomi Indonesia yang begitu pesat membuat konektivitas menjadi sebuah hal yang krusial. Kerangka keamanan tradisional sendiri belum tentu bisa mengimbangi cara baru berbisnis. Oleh karena itu, saat ini merupakan waktu yang tepat untuk menghadirkan sesuatu yang berbeda, unik, dan fleksibel seperti SD-WAN untuk membantu efisiensi operasional bisnis.

Sementara President & APJ Service Provider CISCO Sanjay Kaul menuturkan, bahwa berkenaan dengan transformasi, tidak ada pendekatan yang one-size-fits-all. Hal ini karena evolusi teknologi yang terus berkembang.

“Namun kolaborasi antara Indosat Ooredoo Hutchison dan CISCO dalam menghadirkan teknologi inovatif ini diharapkan bisa mendorong evolusi digital yang semakin lancar,” kata Sanjay.


Bagikan artikel ini