Indosat Ooredoo-Ericsson Siapkan Infrastruktur DMP


Indosat Ooredoo

Logo Indosat Ooredoo

Indosat Ooredoo memanfaatkan dukungan dari Ericsson Digital Monetization Platform (DMP) guna melakukan transformasi terhadap sistem pendukung bisnisnya (BSS). Hal ini dilakukan pula dalam rangka memberikan pengalaman digital yang maksimal bagi pelanggan.

Pada hubungan kemitraan ini, DMP Ericsson akan mendorong perjalanan transformasi digital Indosat Ooredoo serta meningkatkan daya saing melalui penawaran produk yang terpersonalisasi bagi pelanggan. Selain itu, pemanfaatan ini juga untuk memungkinkan monetisasi layanan 5G, Internet of Things (IoT) dan digital bagi dua segmen pelanggan, baik retail maupun bisnis.

DMP Ericsson menyediakan satu paket solusi yang lengkap untuk charging, billing, serta pengelolaan untuk pemesanan dan katalog bagi operator digital. Manajer katalog bisa mengaktifkan layanan Business-to-customer dan Business-to-Business Indosat Ooredoo dengan manajemen siklus produk digital.

Order Care akan memberikan pengalaman produk dari berbagai channel yang konsisten bagi pelanggan Indosat Ooredoo, sedangkan charging dan billing memungkinkan klasifikasi secara real-time serta monetisasi paket produk yang dinamis.

DMP sendiri merupakan platform API terbuka yang memungkinkan arsitektur layanan mikro dan mendukung integrasi layanan serta saluran baru yang lebih cepat. Hal ini pun memungkinkan bisnis yang lebih tangkas dengan menggunakan DevOps dari desain, orkestrasi, dan monetisasi dari layanan baru.

“Transformasi digital BSS kami menjadi DMP akan memungkinkan arsitektur layanan mikro dan menyederhanakan proses bisnis yang akan membantu perusahaannya untuk lebih fokus pada layanan digital unggul,” jelas Medhat Elhusseiny, Chief Technology and Information Officer Indosat Ooredoo, Minggu (13/12/2020).

DMP akan menyediakan penawaran produk yang dipersonalisasi serta terintegrasi secara fleksibel dari layanan pihak ketiga. Layanan dari pihak ketiga ini akan memungkinkan pelanggan untuk dapat menikmati layanan baru dari Indosat Ooredoo dengan lebih cepat dan efisien.

Medhat mengungkapkan, hubungan kemitraan dengan Ericsson untuk DMP ini akan mendorong ketangkasan dan inovasi Indosat Ooredoo guna meningkatkan pengalaman pelanggan. Hal ini baik dari pelanggan retail ataupun pelanggan bisnis.

“Kemitraan baru untuk DMP ini akan memperkuat kolaborasi jangka panjang antara Ericsson dengan Indosat Ooredoo di Indonesia,” tutur Jerry Soper, Country Head Ericsson Indonesia.

Selain itu, DMP juga akan memperkuat Indosat Ooredoo untuk melakukan monetisasi asset sambal memenuhi permintaan pelanggan dengan penawaran baru sehingga dapat meningkatkan daya saing dan memberikan fleksibilitas yang dapat memenuhi permintaan pasar.

Indosat Ooredoo sendiri telah lama menjalani kemitraan teknologi serta layanan, mulai dari jaringan 2G, 3G, 4G, hingga baru-baru ini mengenai uji coba jaringan 5G. Berbagai solusi yang ditawarkan baik Ericsson maupun Indosat Ooredoo dilakukan untuk menghadirkan akses pembaruan teknologi bagi pelanggannya.


Bagikan artikel ini