Industri Cloud Computing di Indonesia Terus Alami Pertumbuhan


Ilustrasi Cloud Computing

Ilustrasi Cloud Computing

Teknologi cloud computing yang terus berperan sebagai pendorong digitalisasi membuat adopsi cloud untuk pengembangan dan optimalisasi operasional bisnis kian menjadi kebutuhan bagi industri untuk dapat berkembang.

Chairman Cloud Association Hosting Indonesia (ACHI) Rendy Maulana menjelaskan, bahwa industri cloud computing di Indonesia sendiri mengalami pertumbuhan sebesar lebih dari 30 persen setiap tahunnya.

“Lalu secara tren perilaku pengguna juga cenderung berubah akibat COVID-19, yang mana pengguna semakin memilih untuk menyimpan data dan backup data pada layanan penyimpanan online karena kemudahan, dan biaya lebih terjangkau ketimbang menyimpannya di dalam komputer, laptop, flashdisk, atau hard disk eksternal,” terang Rendy, Kamis (19/8/2021).

Tidak hanya mengenai perubahan perilaku, pandemi COVID-19 mendorong pula realita aktivitas industri yang harus bergerak dengan cepat serta kompetitif. Maka perusahaan pun harus mempertimbangkan infrastruktur IT atau digital.

Selain itu, berdasarkan data dari IDC mengenai analisis ukuran pasar cloud tahun 2020 terdapat kenaikan yang cukup signifikan dalam pasa cloud. Kenaikan tersebut mencapai 31,7% jika dibandingkan dengan tahun sebelumnya.

Berdasarkan data dari IDC tersebut, teknologi cloud computing semakin diminati di Indonesia untuk memenuhi kebutuhan industri. Baik mengenai infrastruktur IT maupun layanan cloud lain yang masih berkaitan.

Sementara itu Neil Morarj, General Manager Acronis APAC menilai Indonesia sebagai salah satu fokus utama Acronis di wilayah Asia Pasifik untuk menghadirkan solusi cloud computing. Salah satunya adalah Acronis Cyber Cloud Data Center.

“Kami telah menggelontorkan investasi sebesar US$250 juta baru-baru ini ke pasar Indonesia. Acronis secara agresif menggenjot investasi dan pengembangan bisnis di pasar Indonesia sebagai salah satu fokus utama perusahaan di kawasan Asia Pasifik yang memiliki pertumbuhan sangat cepat,” papar Neil.

Neil menambahkan pula bahwa Cyber Cloud Data Center dari Acronis memiliki integrasi yang unik mulai dari backup, pemulihan bencana pada sistem, anti malware generasi terkini, keamanan siber hingga endpoint management tools yang semuanya dikelola melalui satu panel kaca.

“Solusi ini bersertifikasi VB100, membuat Acronis Cyber Protect mendapatkan penghargaan inovasi produk baru 2020 untuk perlindungan data,” jelas Neil.


Bagikan artikel ini