Ini 5 Kelebihan Cloud Gaming Dibandingkan Platform Konvensional


Layanan Cloud Computing

Ilustrasi Layanan Cloud Computing

Teknologi cloud computing kini terus berkembang di berbagai aspek, mulai dari bisnis hingga sektor hiburan seperti game dan menonton serial kesukaan. Maka platform berbasis cloud seperti cloud gaming sendiri hadir sebagai dukungan bermain game dengan cara baru. Bahkan digadang-gadang bisa menyaingi platform bermain game konvensional seperti konsol dan PC.

Berbeda dengan platform konvensional yang mengharuskan pemain untuk melakukan instalasi program game terlebih dahulu dari perangkat mereka untuk dijalankan dan dimainkan, cloud gaming dilakukan secara streaming dari server.

Komputasi grafis game akan dikerjakan di server, lalu tampilannya akan dikirim ke para pemain secara streaming. Melalui kemudahaan ini, asalkan pemain memiliki koneksi internet maka bisa memainkan game tanpa perlu repot.

Popularitas cloud gaming sendiri semakin meningkat dan berbagai layanan cloud gaming pun bermunculan. Termasuk Google yang memperkenalkan Stadia, Nvidia yang menghadirkan GeForce Now, dan yang paling baru adalah Amazon Luna.

Pengembang konsol game konvensional pun tidak ketinggalan juga menghadirkan layanan berbasis cloud untuk bermain game. Mulai dari Sony dengan PlayStation Now hingga Microsoft dengan Project xCloud yang kini bernama Xbox Cloud Gaming. 

Layanan cloud gaming ini pun tidak hanya ada dari luar negeri, Indonesia juga menghadirkan pula layanan tersebut. Dimulai dengan Skygrid, yang kemudian disusul oleh Telkom dengan GameQoo.

Maka dengan banyaknya perusahaan yang menghadirkan layanan cloud gaming tersebut, jelas tampak bahwa layanan tersebut memiliki beberapa kelebihan dibandingkan platform konvensional. Berikut adalah lima kelebihan cloud gaming dibanding dengan platform konvensional, melansir dari HiTekno.

1. Kompatibel dengan berbagai perangkat

Hal ini dikarenakan game yang dijalankan dari server, sehingga sistem ini bisa dengan mudah diakses dari berbagai perangkat. Mulai dari laptop, PC, hingga smartphone Android dan iOS. Bahkan, bisa diakses pula melalui smart TV.

Namun memang beberapa layanan meminta instalasi aplikasi, yang tergolong cukup ringan. Ada pula yang hanya bisa diakses melalui browser, namun tetap bisa dijalankan di beragam perangkat.

2. Tidak memerlukan perangkat keras khusus

Cloud gaming tidak memerlukan perangkat hardware atau keras khusus dikarenakan bisa diakses dari beragam perangkat dengan server dan koneksi internet. Hal ini jelas berbeda dengan konsol game yang harus menggunakan perangkat.

Selain itu, dikarenakan proses dilakukan melalui server maka perangkat gaming khusus seperti PC gaming dengan spesifikasi tinggi pun tidak diperlukan. Pemain cukup menyediakan laptop, PC, ataupun smartphone yang bisa terkoneksi internet.

3. Tidak perlu melakukan upgrade hardware terbaru

Bagi pemain game yang menggunakan PC sebagai medianya, seringkali harus melakukan upgrade terhadap hardware mereka agar tetap kompatibel dengan game terbaru yang memiliki fitur lebih canggih. Terlebih game yang memiliki spesifikasi berat.

Cloud gaming tidak memerlukan upgrade berlebihan sesuai dengan spesifikasi berat dari game tertentu. Hal ini karena penggunaan streaming server yang tidak akan memberatkan sistem PC atau perangkat hardware yang kemungkinan belum di upgrade.

4. Hemat penyimpanan perangkat

Seperti deskripsi sebelumnya berkenaan dengan sistem perangkat, cloud gaming yang dijalankan hanya dengan server internet tidak akan memberatkan memori penyimpanan di perangkat pemain. Semakin banyak game yang dimiliki pun juga tidak akan berpengaruh pada penyimpanan lokal.

5. Cloud gaming bersifat aman

Hal ini dikarenakan game yang dijalankan berada di server yang lingkungannya terpisah dengan perangkat pemain. Maka dari itu, hal seperti error tidak akan merusak atau bahkan berdampak pada perangkat yang dipakai.

Pemain juga tidak memerlukan lapisan keamanan ekstra ketika sering online untuk bermain, karena penyedia layanan cloud gaming tentunya akan memberikan perlindungan ekstra pada platform mereka.

Itu lah lima kelebihan dalam menggunakan cloud gaming jika dibandingkan dengan platform konvensional seperti konsol game atau perangkat keras lainnya. Cloud gaming bisa menjadi masa depan untuk dunia gaming kedepannya, dengan kemudahan dan kenyamanan yang dihadirkan.


Bagikan artikel ini