Intel Core Ultra, Solusi Unggulan untuk Transformasi AI pada PC


Ilustrasi Chip AI

Ilustrasi Chip AI

Intel telah berhasil mengoptimalkan lebih dari 500 model kecerdasan buatan (AI) dengan prosesor terbarunya, Intel Core Ultra. Langkah ini bukan hanya menghadirkan kinerja tinggi dalam AI generatif, tetapi juga teknologi grafis yang lebih mendalam serta manajemen baterai yang lebih efisien. Prosesor Intel Core Ultra menjadi tonggak penting dalam mendukung transformasi AI pada PC dan menegaskan posisi Intel sebagai pemimpin dalam pengembangan PC yang dioptimalkan AI.

 

Prosesor Intel Core Ultra: Fondasi Kuat untuk Masa Depan PC Terhubung AI

Prosesor Intel Core Ultra tidak hanya memberikan kinerja AI yang unggul saat ini, tetapi juga menciptakan fondasi yang kuat untuk pengembangan PC masa depan yang semakin terhubung dengan AI. Dukungan teknologi AI ini tidak hanya terbatas pada AI generatif, tetapi juga mencakup teknologi grafis yang lebih imersif dan manajemen baterai yang lebih efisien. Investasi Intel dalam mengoptimalkan 500 model AI ini tidak hanya menunjukkan komitmennya terhadap klien AI, tetapi juga mendukung transformasi AI PC secara menyeluruh.

Model AI yang dioptimalkan oleh Intel Core Ultra mendukung berbagai unit pemrosesan, termasuk CPU, GPU, dan NPU (Neural Processing Unit). Hal ini memungkinkan integrasi model AI ini dengan berbagai aplikasi industri, meningkatkan kemampuan analisis data, pembuatan kesimpulan, dan pengambilan tindakan berdasarkan informasi yang diberikan. Fitur-fitur AI yang semakin berkembang pada PC didorong oleh kemampuan model AI yang semakin canggih.

Intel tidak hanya menghadirkan prosesor Intel Core Ultra untuk konsumen umum, tetapi juga memperluas benefit AI PC bagi pelanggan komersial melalui platform Intel vPro yang baru. Dengan fitur-fitur yang ditingkatkan pada prosesor Intel Core Ultra, ketersediaan Intel Arc GPU bawaan, dan prosesor 14th Gen Intel Core, platform Intel vPro membawa pengalaman PC yang baru untuk enterprise, UKM, sektor publik, termasuk pendidikan, serta edge.

Prosesor Intel Core Ultra menghadirkan performa terdepan, efisiensi daya yang ditingkatkan, dan Intel Arc GPU bawaan. Kemampuan akselerasi AI yang tersebar di seluruh CPU, GPU, dan NPU memungkinkan PC komersial berbasis Intel Core Ultra mendukung aplikasi yang digunakan sehari-hari dan membuka gelombang baru pengalaman AI tanpa henti.

Intel Arc GPU bawaan terbaru memberikan performa grafis dua kali lipat lebih baik dibandingkan generasi sebelumnya. Fitur-fitur mutakhir seperti AI dan ray tracing memperkaya pengalaman pengguna pada software modern. Keunggulan ini semakin ditingkatkan dengan hadirnya workstation graphic driver Intel Arc Pro, yang meningkatkan performa pada software kreatif, desain, dan engineering.

Prosesor Intel Core 14th Gen memperluas portofolio komersial dengan menjalankan desktop dan workstation kelas entry level. Performance hybrid architecture pada prosesor ini memaksimalkan computing headroom untuk pengaplikasian tingkat lanjut dan multitasking. Intel Thread Director dan Intel Dynamic Tuning Technology mengelola tugas dan clock frequencies untuk hasil performa yang optimal dan efisiensi energi.

 

Platform Intel vPro Baru: Fondasi Produktif, Aman, dan Stabil

Platform Intel vPro yang baru memastikan fondasi yang produktif, aman, bisa dikelola, dan stabil untuk komputasi client komersial. Keunggulan dalam produktivitas, keamanan, pengelolaan, dan stabilitas memberikan pengalaman PC yang terintegrasi dengan baik dalam lingkungan kerja yang kompleks.

  1. Produktivitas yang Meningkat:

Platform Intel vPro memanfaatkan kekuatan dari prosesor terbaru dan teknologi platform untuk meningkatkan produktivitas semua pengguna. Pengguna dapat mengharapkan peningkatan signifikan hingga 47% dalam produktivitas aplikasi office pada PC yang berusia lebih dari tiga tahun. Ini membuktikan betapa efektifnya Intel vPro dalam mendukung pekerjaan sehari-hari dengan efisiensi yang tinggi.

  1. Keamanan Terdepan:

Intel vPro dilengkapi dengan teknologi canggih seperti Intel Threat Detection Technology yang ditingkatkan. Teknologi ini memanfaatkan Neural Processing Unit (NPU) baru untuk meningkatkan efisiensi pendeteksian anomali dan mengurangi penggunaan daya. Selain itu, Intel® Silicon Security Engine baru memberikan otentikasi terhadap firmware sistem, menjadikan PC lebih aman dari ancaman siber di bawah operating system (OS).

  1. Pengelolaan Efisien:

Intel Device Discovery adalah inovasi terbaru yang memungkinkan tool berbasis cloud untuk menerima informasi yang dibutuhkan untuk mengambil langkah yang sesuai pada PC. Intel Device Health baru dengan VMware dan Eclypsium memberikan visibilitas terhadap kebutuhan patching di seluruh perangkat yang ada, serta menyediakan manajemen perangkat end-to-end. Intel terus berinvestasi dalam manajemen jarak jauh berbasis hardware, baik untuk solusi on-premise maupun cloud-native.

  1. Stabilitasi:

Stable IT Program dari Intel bertujuan membantu organisasi IT mencapai kualifikasi dan melakukan deploy dengan percaya diri. Intel vPro memvalidasi dan memastikan kompatibilitas Windows 10 dan Windows 11 untuk transisi OS yang lancar. Program pengembang yang kuat dari Intel memberikan 99,7% kompatibilitas aplikasi pada Windows 11, memastikan pengalaman pengguna yang lancar dan tanpa hambatan.

 

Komitmen Intel untuk Masa Depan AI PC

Intel terus berkomitmen untuk menghadirkan inovasi terbaru dalam pengembangan perangkat lunak dan menyederhanakan penggunaan aplikasi dan fitur AI pada PC ke depannya. Dengan platform Intel Core Ultra dan Intel vPro yang baru, Intel memimpin dalam membawa era baru PC yang terhubung AI.

Dengan lebih dari 100 desain notebook, 2-in-1, desktop, dan desain workstation kelas entry yang akan diluncurkan pada tahun ini, pelanggan dapat memperoleh pengalaman PC yang lebih baik dan siap untuk menghadapi tantangan di era AI yang semakin berkembang.

Intel terus berinovasi dan menghadirkan solusi terbaik untuk memenuhi kebutuhan pelanggan dalam menghadapi tantangan AI dan transformasi digital di masa depan. Dengan Intel Core Ultra dan platform Intel vPro yang baru, masa depan PC yang terhubung AI menjadi lebih dekat dari sebelumnya.


Bagikan artikel ini