Intel Luncurkan Chip Terbaru 'Meteor Lake' untuk Era Baru Chatbot


Logo Intel

Logo Intel

Intel, baru-baru ini mengumumkan terobosan besar dengan peluncuran chip terbarunya yang bernama "Meteor Lake". Chip ini tidak hanya menjadi langkah maju dalam inovasi teknologi, tetapi juga diharapkan mendorong era baru chatbot yang lebih canggih. Dalam sebuah acara pers yang digelar di New York pada Kamis, 14 Desember, Intel mengumumkan bahwa puluhan produsen komputer pribadi, termasuk Dell Technologies, Microsoft, dan Lenovo Group, akan mengadopsi chip ini dalam laptop-laptop terbaru mereka.

Meteor Lake menandai kehadiran pertama Neural Processing Unit (NPU) di dalam chip Intel. NPU ini didedikasikan untuk menangani tugas kecerdasan buatan, menjanjikan kinerja yang lebih cepat dan efisien dalam mengatasi berbagai aplikasi AI. Pada pasar global, laptop-laptop yang menggunakan chip ini akan tersedia di pengecer ternama seperti Best Buy di Amerika Serikat, JD.com di China, dan Harvey Norman di Australia, mulai Kamis kemarin. Respons pasar terhadap pengumuman ini terlihat dari kenaikan saham Intel sebesar 3,6%.

Intel merespons dinamika pasar pasca-pandemi, di mana konsumen yang sebelumnya meng-upgrade perangkat mereka untuk bekerja dari rumah pada tahun 2020 kini mencari insentif untuk melakukan upgrade kembali. Meteor Lake diharapkan dapat menjadi daya tarik utama bagi konsumen yang menginginkan kinerja yang unggul dalam menghadapi tuntutan aplikasi chatbot yang semakin kompleks.

CEO Intel, Pat Gelsinger, optimis bahwa penggunaan chip ini akan menghasilkan layanan kecerdasan buatan yang lebih terjangkau, lebih cepat, dan lebih pribadi daripada layanan berbasis pusat data cloud. Gelsinger mengatakan "Itu akan menjadi bintang utama dalam tahun mendatang," kata Gelsinger tentang kecerdasan buatan di PC. "Anda melepaskan kekuatan ini untuk setiap orang, setiap kasus penggunaan, setiap lokasi di masa depan."

Dalam demonstrasi pada bulan September, Intel memperlihatkan potensi chip ini dengan contoh aplikasi kecerdasan buatan, termasuk kemampuan transkripsi suara tanpa mengirim data ke cloud pihak ketiga. Selain itu, Intel juga memperkenalkan chip Gaudi 3 yang diharapkan dapat menantang dominasi chip buatan Nvidia di pasar kecerdasan buatan pusat data. Perkembangan ini menunjukkan komitmen Intel untuk terus bersaing dan memimpin dalam ranah teknologi yang terus berkembang.


Bagikan artikel ini