Percepat Utilisasi, Indosat Ooredoo Hutchison Rangkul IBM


Jaringan 5G

Ilustrasi Jaringan 5G

Indosat Ooredoo Hutchison (IOH) jalin kolaborasi strategis dengan IBM untuk kembangkan solusi 5G. Hal ini dilakukan melalui kerja sama untuk menggabungkan pembangunan teknologi, solusi ekosistem, dan go-to-market, serta mengkomersialkan platform 5G Enterprise Industry Solutions.

Platform ini diharapkan dapat memanfaatkan IBM Consulting and Solutions, yang memungkinkan IOH untuk memonetisasi nilai rantai 5G milik mereka secara penuh saat dilakukan komersialisasi.

Penjajakan kerja sama antara IOH dan IBM ini akan menjadikan IBM sebagai salah satu kolaborator strategis IOH untuk memaksimalkan potensi jaringan 5G mereka, guna menghadirkan pengalaman digital kelas dunia.

President Director & CEO Indosat Ooredoo Hutchison Vikram Sinha menyatakan, bahwa kerja sama yang dijalin bersama IBM dilakukan sebagai langkah untuk meningkatkan utilisasi dan komersialisasi jaringan 5G.

“Hal ini diharapkan dapat membantu mendorong transformasi digital dan meningkatkan efisiensi perusahaan-perusahaan di Indonesia,” kata Vikram dalam keterangan resminya, melansir dari Selular.id, Kamis (3/11/2022).

Kolaborasi yang dilakukan akan menggabungkan teknologi dan keahlian dari kedua perusahaan, berupa penyediaan Minimum Viable Product (MVP), anchor use cases, strategi go-to-market bersama, hingga solusi ekosistem 5G.

IOH akan menjadi penyedia untuk infrastruktur yang diperlukan, seperti server, komputasi, penyimpanan, hingga konektivitas. IBM akan berperan dalam penyediaan teknologi dan platform perangkat lunak mereka.

Vice President & Senior Partner IBM Consulting ASEAN Deep Bhau menyampaikan, bahwa kolaborasi dengan IOH ini akan memungkinkan kalangan pebisnis untuk memanfaatkan teknologi digital. Hal ini terutama untuk menciptakan solusi generasi masa depan serta menanggapi kondisi pasar yang dinamis, dan adopsi 5G itu sendiri di Indonesia.

“Melalui solusi yang dibangun di atas hybrid cloud IBM yang terdepan di industri, AI, serta kemampuan keamanan yang didukung oleh keahlian industri mendalam dari IBM Consulting, kami berharap dapat menumbuhkan kemampuan 5G Indonesia,” tutur Deep Bhau.

Kolaborasi IOH dan IBM juga menjajaki sejumlah use cases dari 5G untuk dapat mengidentifikasi cacat pada wadah makanan serta melacak kualitas kemasan. IOH dan IBM pun saat ini tengah menjalin kolaborasi pula dengan salah satu perusahaan besar di Indonesia sebagai anchor client.


Bagikan artikel ini