IoT Diterapkan di LRT Palembang Untuk Tingkatkan Layanan


Internet Of Things

Ilustrasi Internet of Things

PT Teknologi Karya Digital Nusa Tbk (TKDN) memberikan dukungan signifikan untuk meningkatkan layanan transportasi di Palembang dengan menerapkan Internet of Things (IoT) dalam operasional Light Rail Transit (LRT). Pada Rabu (29/11/2023), Rode Paulus GP, Kepala Balai LRT Palembang, menyampaikan kegembiraannya atas kolaborasi ini.

Sebagai bagian dari komitmen TKDN untuk transformasi teknologi di sektor transportasi, perusahaan telah memberikan asistensi dan supervisi Sistem Pemantauan Armada (SPM) berbasis digital. Pusat komando dan tenaga kerja di Balai LRT Feeder Palembang juga diberikan dukungan. Langkah ini diharapkan akan meningkatkan efisiensi dan keamanan operasional LRT Palembang.

Rode Paulus GP menyatakan keyakinannya bahwa dengan dukungan teknologi dan sumber daya manusia dari TKDN, efisiensi dan keamanan LRT Palembang dapat ditingkatkan secara substansial. "Kami berharap kerjasama ini dapat berlanjut dan membawa manfaat yang lebih besar bagi masyarakat Palembang," tambahnya.

Dalam upaya meningkatkan efisiensi operasional, TKDN memperkenalkan teknologi canggih berupa IoT TAM Fleet (TKDN Advance Mobility Fleet). Teknologi ini dapat diintegrasikan dengan platform dashboard, mencakup perangkat seperti MDVR, Driver Safety Monitoring (DSM), Advanced Driver Assistance System (ADAS), Global Positioning System (GPS), CCTV, dan Blind Spot Detection.

David Santoso, Direktur Utama TKDN, menegaskan bahwa prioritas perusahaan tidak hanya menyediakan teknologi IoT dan perangkat berbasis kecerdasan buatan, tetapi juga memastikan integrasi dengan sistem platform dashboard yang dapat disesuaikan dengan kebutuhan perusahaan. "PT TKDN berkomitmen untuk terus mendukung pengembangan teknologi dalam sektor transportasi demi meningkatkan keamanan, kenyamanan, dan efisiensi operasional," ungkap David.

Dengan harapan dapat meningkatkan layanan transportasi yang aman, nyaman, dan berkelanjutan, TKDN melalui kolaborasi ini menunjukkan komitmennya terhadap perkembangan teknologi di industri transportasi Palembang.


Bagikan artikel ini