iQiyi Hadirkan Teknologi Live Subtitle Didukung AI dan 5G


Artificial Intelligence

Ilustrasi Artificial Intelligence

Platform streaming iQiyi hadirkan inovasi baru guna mendukung pengguna menikmati pengalaman menonton yang lebih baik. Inovasi ini salah satunya adalah fitur live subtitle, khususnya untuk variety show yang diputar secara langsung. iQiyi mengklaim teknologi live subtitle ini adalah yang pertama di industri OTT (Over The Top) Indonesia.

Fitur live subtitle ini sendiri didukung dengan teknologi 5G dan artificial intelligence (AI) atau kecerdasan buatan. Fitur ini sudah diterapkan sejak tahun lalu saat iQiyi menayangkan final acara “Youth With You 2”, di mana terjemahan dihadirkan saat itu juga hampir tanpa jeda.

Umumnya, subtitle atau takarir baru hadir dalam tayangan 8 hingga 9 jam setelah tayangan berakhir. Namun dengan fitur terjemahan subtitle secara langsung yang diterapkan iQiyi, subtitle atau takarir bisa tersedia bagi penonton dalam 10 menit.

Hal yang sama terkait live subtitle ini juga dilakukan untuk episode final “Youth With You 3” tahun ini. Berbeda dengan tahun sebelumnya, Bahasa Indonesia akan tersedia untuk pertama kalinya dalam teknologi live subtitle iQiyi.

“Prinsip iQiyi adalah aksesibilitas, kami mencoba agar konten iQiyi bisa ditonton oleh siapa pun,” kata Frank Ye Tao, VP of Product & User Operations iQiyi dalam konferensi pers secara daringf, Kamis (6/5/2021).

iQiyi sendiri merupakan platform OTT untuk streaming berbagai konten hiburan Asia, mulai dari drama Korea, China, variety show hingga anime. iQiyi pun menyediakan fitur lain yang dapat memaksimalkan pengalaman penonton dengan pemilihan resolusi kualitas video yang mencapai 1080p dan kualitas suata Dolby Atmos.

Penonton pun dapat menikmati konten sesuai dengan preferensinya, seperti dengan fitur playback setting yang bisa mengatur kecepatan tayangan konten, fitur mrngunduh, serta kesempatan untuk ikut serta memaksimalkan takarir dengan fitur edit.


Bagikan artikel ini