ISACA Kolaborasi dengan AFTECH untuk Tata Kelola Cybersecurity


Ilustrasi Cyber Security

Ilustrasi Cyber Security

Industri keuangan digital saat ini tengah menjadi perhatian utama pemerintah, terutama dalam rangka mendukung inklusi keuangan digital itu sendiri. Pada upaya ini pun, terdapat faktor keamanan siber atau cybersecurity yang perlu diperhatikan pula.

Oleh karena itu, Asosiasi Fintech Indonesia (AFTECH) kemudian menandatangani kerja sama dengan Information Systems Audit and Control Association (ISACA) Indonesia guna memperkuat keamanan siber di industri keuangan digital yang memanfaatkan teknologi finansial atau financial technology (fintech).

Melalui kerja sama ini ISACA Indonesia dan AFTECH sepakat untuk mengembangkan tata kelola cybersecurity untuk mendukung tercapainya target pengembangan industri fintech di Indonesia. Selain itu, juga menunjang kegiatan yang mendorong literasi serta edukasi di bidang cybersecurity dan atau topik lainnya.

“Kolaborasi ini sangat penting. Kami di ISACA Indonesia berupaya membantu berbagai pihak untuk bisa menciptakan lingkungan digital yang aman, andal, dan nyaman. Tentunya dengan pengelolaan IT GRC, audit, dan cybersecurity. Masih banyak yang perlu ditingkatkan di Indonesia terkait ini,” kata Presiden ISACA Indonesia, Syahraki Syahrir dalam keterangan tertulisnya, Selasa (21/12/2021).

Sementara Richi Aktorian, Sekretaris ISACA Indonesia menambahkan bahwa selama ini banyak kasus cybersecurity serta kebocoran data atau data breach di Indonesia. Kerja sama antara ISACA Indonesia dan AFTECH kemudian diharapkaan dapat meningkatkan kesadaran atas pentingnya keamanan siber.

ISACA Indonesia sendiri selama ini telah menjadi asosiasi nirlaba dan independen yang dijalan oleh relawan dengan tujuan untuk menyediakan layanan edukasi melalui aktivitas berbagi pengetahuan serta best practices, jaringan professional, serta memberikan sejumlah manfaat lain bagi anggota di tingkat lokal.

“Selalu berkomitmen memberikan layanan edukasi, kami berusaha untuk mengembangkan industri fintech dan ekonomi digital di Indonesia melalui kontribusi serta kolaborasi,” kata Richi.

Penandatanganan nota kesepahaman untuk kerja sama antara ISACA Indonesia dan AFTECH sendiri dilakukan dalam perhelatan Indonesia Fintech Summit baru-baru ini yang merupakan program dari Pekan Fintech Nasional.


Bagikan artikel ini