AWS dan Cloudera: Berikan Inovasi dalam Mengadopsi AI Generative


Artificial Intelligence

Artificial Intelligence

Perusahaan data untuk enterprise AI tepercaya, Cloudera mengumumkan penandatanganan Perjanjian Kolaborasi Strategis (Strategic Collaboration Agreement) dengan Amazon Web Services, Inc (AWS).

Perjanjian ini memperkuat hubungan Cloudera dengan AWS dan menunjukkan komitmen mereka untuk mempercepat dan meningkatkan manajemen data cloud native dan data analytic di AWS.

Melalui perjanjian ini, Cloudera akan memanfaatkan layanan AWS untuk memberikan inovasi berkelanjutan dan biaya yang lebih rendah kepada pelanggan dengan Cloudera open data lakehouse di AWS untuk enterprise generative AI yang tepercaya.

Sebagai Independent Software Vendor (ISV) yang menjadi bagian dari AWS Workload Migration Program(WMP) Partner dan juga dengan tersedianya layanan Public Cloud Cloudera Data Platform (CDP) di AWS Marketplace, Cloudera memberikan kemudahan kepada pelanggan untuk memanfaatkan kredit untuk mempercepat migrasi beban kerja ke cloud dan membeli CDP di AWS.

Cloudera, yang berfokus untuk menghadirkan open data lakehouse yang disempurnakan, telah memilih AWS untuk menjalankan komponen-komponen paling penting dari CDP, termasuk data yang bergerak (data in motion), data lake house, data warehouse, operational database, AI/machine learning, master data management, dan keamanan end-to-end. Hal ini dapat membantu pelanggan untuk bermigrasi ke CDP di cloud dengan lebih cepat tanpa melakukan refactoring aplikasi mereka sekaligus mendukung penerapan hybrid.

Cloudera telah merancang CDP agar dapat berintegrasi langsung dengan layanan AWS, termasuk Amazon Simple Storage Service (Amazon S3), Amazon Elastic Kubernetes Service (Amazon EKS), Amazon Relational Database Service (Amazon RDS), dan Amazon Elastic Compute Cloud (Amazon EC2), menyediakan sebuah platform yang sangat terintegrasi untuk mengurangi biaya dan memanfaatkan inovasi terbaru dari AWS untuk para pelanggan. Pelanggan Cloudera mendapatkan keuntungan dari native service AWS tanpa perlu melakukan integrasi sendiri. 

Dikatakan Executive Vice President of Product Management Cloudera, Paul Codding, melalui kolaborasi yang makin mendalam dengan AWS, pelanggan akan memiliki lebih banyak alasan untuk memilih menjalankan Cloudera Data Platform di AWS. Dengan integrasi hardware dan layanan AWS yang lebih ketat, pelanggan mendapatkan pengalaman terbaik dengan keamanan dan tata kelola yang kuat, bersama dengan opsi pengurangan biaya untuk mendukung beban kerja analitik mereka yang paling penting.

"Bersama-sama, Cloudera dan AWS memberikan perangkat yang dibutuhkan untuk membangun dan menjalankan aplikasi data pada perusahaan dengan cara yang paling sesuai dengan kebutuhan bisnis mereka yang unik dan terus berubah,” jelas Paul seperti dikutip Indotelko.com, Rabu.

Sementara, David Wroe, Principal Software Engineer & Solution Architect untuk Be the Match, sebuah organisasi global yang bergerak dalam upaya penyelamatan jiwa melalui terapi sel mengatakan, perpindahannya ke CDP Public Cloud di AWS untuk platform “Be the Match” telah menghasilkan penghematan biaya yang signifikan bagi perusahaan dan pengurangan biaya pemeliharaan infrastruktur sampai dengan jutaan dolar. Sebagai organisasi nirlaba, hal ini memberikan fleksibilitas operasional yang luar biasa yang sebelumnya mustahil.

AWS akan berkolaborasi dengan Cloudera untuk mengembangkan manajemen data cloud native dan data analytic di AWS. Selain itu, mereka juga akan bekerja sama dalam program pemasaran dan penjualan bersama untuk pelanggan.

Cloudera telah menjadi Mitra AWS tepercaya di bidang manajemen data cloud native dan data analytic selama bertahun-tahun yang terus berinovasi untuk memberikan pengalaman pengguna yang mulus bagi para pelanggan.

Di kesempatan yang sama, General Manager, Technology Partnerships and Marketplace di AWS, Chris Grusz mengatakan, Cloudera telah memperkuat kolaborasi dengan AWS untuk pelanggan bersama, supaya pelanggan dapat memanfaatkan investasi mereka yang ada di CDP dan mempercepat modernisasi mereka ke cloud.

"Cloudera terus berinovasi di AWS di seluruh platform manajemen datanya untuk memberikan data analyticdan insight yang nyata bagi para pelanggan,” tutup Chris.


Bagikan artikel ini