Jokowi Minta Jajaran TNI-Polri Kuasai Teknologi Digital


Ir. H. Joko Widodo, Presiden Republik Indonesia

Presiden Republik Indonesia, Ir. H. Joko Widodo

Presiden Joko Widodo atau Jokowi memberikan instruksi pada jajaran TNI-Polri untuk memiliki kemampuan serta menguasai teknologi digital, seperti kecerdasan buatan atau artificial intelligence (AI), cloud computing, desain digital, hingga blockchain. Hal ini disampaikan Jokowi saat memimpin rapat pimpinan bersama TNI Polri.

Jokowi menyampaikan bahwa aparat TNI-Polri perlu untuk memahami transformasi digital yang saat ini berlangsung. Menurutnya, tantangan yang akan dihadapi di masa yang akan datang bukanlah hal yang mudah karena pertarungan ke depan adalah dengan teknologi.

Jokowi juga menekankan pentingnya aparat keamanan Indonesia untuk memiliki talenta digital dan menguasai teknologi terkini, karena zaman sudah mengalami perubahan dan institusi pun harus melakukan adaptasi sesuai dengan kebutuhan.

“Jika penegak hukum Polri tidak paham dengan hal-hal yang saya sampaikan, bagaimana? Kejahatan mungkin bergeser dari yang konvensional menjadi hal-hal yang berkaitan dengan digital, dan sekarang sudah terjadi,” kaa Jokowi saat memimpin rapat bersama TNI-Polri, Selasa (1/3/2022).

Jokowi kemudian mengatakan bahwa TNI-Polri harus memiliki anggota dengan talenta di bidang digital, bahkan meminta para petinggi TNI-Polri untuk mencari pihak yang ahli di bidang tersebut.

Menurutnya, TNI-Polri dapat mengembangkan sumber daya manusia (SDM) yang dimiliki agar dapat beradaptasi dengan perkembangan teknologi terbaru. Pengembangan ini pun merupakan sebuah keharusan.

“TNI-Polri harus memiliki talenta digital, mengerti masalah AI, cloud computing, digital design, blockchain, coding, programming, semua harus dimiliki dan talenta digital itu harus dicari,” tegas Jokowi. 


Bagikan artikel ini